Jumat, 31 Agustus 2012

Rumah Tradisional Manggarai Raih Penghargaan UNESCO!

BANGKOK, KOMPAS.com - Indonesia masih bisa terus berbangga dengan aset budaya tradisionalnya. Pasalnya, Mbaru Niang, rumah tradisional berbentuk kerucut milik suku Manggarai, Senin (27/8/2012) lalu, mendapatkan Award of Excellence dari UNESCO.

Penghargaan internasional untuk rumah tradisional yang berada di desa Wae Rebo, Flores, itu diumumkan di Bangkok dalam acara UNESCO Asia-Pasific Awards 2012. Penghargaan ini merupakan bentuk penghormatan atas usaha yang dilakukan oleh siapapun, baik pribadi maupun organisasi swasta, karena telah berhasil memperbaiki dan melakukan konservasi pada struktur bangunan yang memiliki nilai turun temurun dalam sebuah wilayah.

Para juri panel yang terdiri dari berbagai pakar konservasi internasional terpukau dengan submisi tahun ini. Tim Curtis, Ketua Juri dan Chief of Cultur Unit, UNESCO Bangkok, mengatakan, perbedaan tipe proyek yang masuk begitu menarik dan menyemangati, mulai masalah konservasi, jalanan urban, properti milik militer, sampai situs arkeologi.

"Award of Excellence telah diberikan kepada Mbaru Niang, yang melambangkan sebuah jenis baru konservasi arsitektur. Warisan dan bentuk pengetahuan tradisional menjadi dasar metode konservasi," kata Curtis.

Proyek pembangunan kembali Mbaru Niang diinisiasi oleh sukarelawan dari Yayasan Rumah Asuh. Para juri menilai, upaya para sukarelawan tersebut sungguh luar biasa, mulai dari kesuksesan mereka terlibat dalam berbagai masalah konservasi di tingkat lokal, dengan mempelajari pengetahuan tradisional setempat, melanjutkan bentur arsitektur, serta praktik konstruksi. Proyek tersebut telah membangun kembali lingkungan setempat yang berkelanjutan dan telah mempromosikan kebanggaan dan semangat komunitas ini.

Selain Mbaru Niang, penghargaan juga diberikan kepada berbagai bangunan lain di dunia. Awards of Distinction diberikan kepada Bangunan Sethna di Mumbai, India dan Sistem Pengairan di Hampi, India. Awards of Merit diberikan kepada Zhizhusi Complex di Beijing, dan Mesjid Khilingrong di Shigar, Pakistan. Dua Honourable Mentions juga diumumkan, termasuk di dalamnya Willian Street Precinct di Perth, Australia, dan Benteng Jaisalmer di Rajasthan, India.

Adapun proyek yang layak mendapatkan nominasi harus berumur lebih dari 50 tahun dan proses restorasinya harus sudah dilakukan selama 10 tahun belakangan. Bangunan juga harus dapat digunakan setidaknya setahun dari pengumuman penghargaan.

UNESCO Asia-Pacific Awards for Cultural Heritage Conservation 2012 ini didukung oleh Macau Foundation. Baik UNESCO dan Macau Foundation, keduanya sama-sama melestarikan dan mengembangkan pentingnya warisan budaya milik masyarakat dunia.
(Sumber: http://www.unescobkk.org)

Senin, 11 Juni 2012

BIODATA WANG SHU

Wang Shu adalah arsitek Cina yang berbasis di Hangzhou, Provinsi Zhejiang. Dia adalah dekan Sekolah Arsitektur dari Akademi Seni Cina. Pada tahun 2012, Wang menjadi warga negara Cina pertama yang memenangkan Penghargaan Pritzker, hadiah tertinggi di dunia dalam arsitektur.

KEHIDUPAN & PENDIDIKAN
Wang Shu lahir pada tanggal 4 November 1963 di Urumqi, ibukota Daerah Otonomi Uighur Xinjiang di barat jauh China. Dia mulai menggambar dan melukis sejak kecil, tanpa pelatihan formal dalam seni.

Sebagai kompromi antara seni, gairah, dan rekayasa, rekomendasi orang tuanya, Wang memilih untuk belajar arsitektur di Institut Nanjing Teknologi (sekarang Universitas Tenggara) di Nanjing, Provinsi Jiangsu dan menerima gelar sarjana pada tahun 1985 dan gelar master di 1988.

Meskipun Wang tinggal di Urumqi dan Beijing pada awal kehidupan, setelah kuliah dia pindah ke Hangzhou untuk pemandangan alam kota dan tradisi kuno seni. Dia bekerja untuk Akademi Zhejiang Seni Rupa (sekarang Cina Akademi Seni) dan pada tahun 1990 menyelesaikan proyek pertama arsitektur, sebuah pusat pemuda di kota kecil Haining dekat Hangzhou.

Wang tidak memiliki komisi antara 1990 dan 1998. Sebaliknya, dia memilih untuk melanjutkan studinya di Sekolah Arsitektur Universitas Tongji di Shanghai, mendapatkan gelar PhD pada tahun 2000.
 

KARIR
Pada tahun 1997, Wang Shu dan istrinya Lu Wenyu, juga seorang arsitek, mendirikan perusahaan Amatir Studio Arsitektur. Mereka memilih nama sebagai hukuman dari "arsitektur profesional, tanpa jiwa" dipraktekkan di Cina, yang mereka percaya telah memberikan kontribusi terhadap pembongkaran besar-besaran dari banyak kelurahan yang lama.

Wang bergabung dengan fakultas dari Akademi Seni Cina pada tahun 2000 sebagai profesor, menjadi kepala Departemen Arsitektur pada tahun 2003, dan diberi nama Dekan Sekolah Arsitektur pada tahun 2007.

Pada tahun 2000, Wang merancang Perpustakaan College Wenzheng di Universitas Soochow, yang memenangkan Penghargaan Seni Arsitektur perdana Cina pada tahun 2004. Lima Nya Rumah Tersebar di Ningbo memenangkan Penghargaan Holcim untuk Konstruksi Berkelanjutan di Asia Pasifik pada tahun 2005. Pada tahun 2008 Apartemen Courtyard Vertikal di Hangzhou dinominasikan untuk Penghargaan Internasional Naik Tinggi.

Pada tahun 2008 ia menyelesaikan Museum Ningbo, sebuah proyek dia menang pada tahun 2004 setelah kompetisi internasional. Fasad bangunan dibangun seluruhnya dari batu bata daur ulang, dan bentuknya - menyerupai gunung terdekat - mencerminkan pengaturan alam. Museum ini memenangkan 2009 Lu Ban Prize, penghargaan arsitektur terbaik di Cina.

Proyek lainnya Wang utama termasuk Museum Seni Ningbo (2005), kampus Xiangshan dari Akademi Cina Seni (2007) dan Konservasi Kota Tua Zhongshan Street, Hangzhou (2009).

Arsitekturnya telah digambarkan sebagai "membuka cakrawala baru sementara pada saat yang sama bergema dengan tempat dan memori", eksperimental, dan sebagai contoh langka dari regionalisme kritis di Cina.

Wang menciptakan bangunan modern memanfaatkan bahan-bahan tradisional dan menerapkan teknik yang lebih tua. Museum Ningbo dibangun dari batu bata diselamatkan dari bangunan yang telah dibongkar untuk facilite perkembangan baru. Wang adalah seorang pendukung antusias dari warisan arsitektur di mana globalisasi telah melucuti kota atribut khusus mereka.

(wikipedia) 

 

Selasa, 22 Mei 2012

PROYEK-PROYEK WANG SHU

Proyek Selesai :
  • Youth Center (1990), 
  • Haining Library of Wenzheng College at Soochow University (1999–2000), 
  • Suzhou Ningbo Museum of Art (2001–05) 
  • Xiangshan Campus, China Academy of Art, Phases I & II (2002–07), 
  • Hangzhou Vertical Courtyard Apartments (2002–07), 
  • Hangzhou Sanhe House (2003), 
  • Nanjing Teaching Building of the Music and Dance Department (2003–05), 
  • Dongguan Ceramic House (2003–06), 
  • Jinhua Five Scattered Houses (2003–06), 
  • Ningbo Ningbo Museum (2003–08) 
  • Tiles garden, Venice Biennale of Architecture (2006), 
  • Italy Old Town Conservation of Zhongshan Street (2007–09), 
  • Hangzhou Exhibition Hall of the Imperial Street of Southern Song Dynasty (2009), 
  • Hangzhou Ningbo Tengtou Pavilion, Shanghai Expo (2010) 
 Proyek masih dalam proses konstruksi :
  •  Heyun Culture and Leisure Centers (2009), 
  • Kunming City Cultural Center (2010), 
  • Jinhua Shi Li Hong Zhuang Traditional Dowry Museum (2010), 
  • Ninghai Contemporary Art Museum on the Dock (2010), 
  • Zhoushan Buddhist Institute Library (2011), Hangzhou 

 PENGHARGAAN
Pada tahun 2010, Wang dan istrinya Lu Wenyu bersama-sama memenangkan Hadiah Schelling Arsitektur Jerman, dan pada tahun 2011 ia menerima Medali Emas dari Akademi Arsitektur Perancis. 
Pada tahun 2012, Wang memenangkan Pritzker Architecture Prize. Dengan demikian, ia menjadi warga negara Cina pertama (pemenang kedua keturunan Cina setelah IM Pei) untuk memenangkan hadiah ini, dan orang termuda keempat untuk menang. Juri, yang termasuk pemenang Pritzker Zaha Hadid dan Mahkamah Agung AS keadilan Stephen Breyer, disorot "kemampuan unik untuk membangkitkan masa lalu, tanpa membuat referensi langsung untuk sejarah" Wang menyebut karyanya "abadi, berakar dalam konteksnya namun yang universal . "Ketua Yayasan Hyatt mengatakan kemenangan Wang menunjukkan "langkah signifikan dalam mengakui peran bahwa China akan bermain dalam pengembangan cita-cita arsitektur" ke depan. Zhu Tao, seorang kritikus arsitektur Cina dan sejarawan, berspekulasi bahwa kemenangan itu bisa menandakan titik balik dalam sejarah arsitektur Cina hadiah mengatakan "mengirimkan pesan bahwa arsitektur adalah perusahaan budaya ... bahwa arsitek adalah pencipta budaya."

Kamis, 10 Mei 2012

GRAND OPENING KAMPOENG SEMARANG

SEMARANG, suaramerdeka.com - Berawal dari keinginannya untuk memberikan kemudahan bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Semarang khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya untuk memperoleh berbagai oleh-oleh dan soevenir khas Kota Semarang, membuat Wenny Sulistiyowati seorang enterpreneur muda membuka Kampoeng Semarang.

Kampoeng Semarang ini terletak di Jalan Kaligawe nomor 96 Semarang dengan konsep one stop leisure di Kawasan timur Kota Semarang. Bangunan ini didesain dengan arsitektur natural yang dibuat layaknya galeri.
Rencananya Grand Opening Kampoeng Semarang dilakukan Kamis (10/5) besok dan akan diresmikan oleh Gubernur Jateng. Bangunan itu menempati areal 4.000 meter persegi dan lokasinya mudah dijangkau dengan moda transportasi apapun. Lokasi ini hanya 3 kilometer dari Bandara Ahmad Yani Semarang dan 2 kilometer dari Pelabuhan Tanjung Emas.

Owner Kampoeng Semarang Wenny Sulistiyowati mengatakan sebagai salah-satu stakeholder kepariwisataan dia berkeinginan terlibat dalam pengembangan kepariwisataan di Kota Semarang khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya. Diharapkan pula dengan kehadiran Kampoeng Semarang dapat menjadi salah-satu tujuan wisata kreatif di Kota Semarang.

Wenny sapaan akrabnya menambahkan secara khusus dapat menunjang keberhasilan "Ayo Wisata ke Semarang" dan program Visit Jawa Tengah 2013".

Wenny yang juga perajin tas anyaman merek WeBe ini dalam menjalankan usahanya dia menggandeng beberapa perajin batik, dan sejumlah UKM yang menjual soevenir khas Semarang.

"Untuk fasilitas Kampoeng Semarang antara lain yakni Webe Fashion Bags, Gallery Batik yakni menggunakan merek Asem Arang, Pusat Soevenir, Pusat Oleh-oleh yang menggunakan merek godhong asem menyediakan panganan khas Semarang mulai dari bandeng, lunpia, kue moci, wingko, gethuk, Resto and Cafe menyediakan makanan tradisional seperti botok, Gallery Kids berupa tas untuk anak-anak, Homeware dengan branding Omah Asem pernak-pernik rumah, dan Meeting Rooom," katanya, Rabu (9/5)

Rabu, 22 Februari 2012

LONDON AQUATICS CENTRE, London, Inggris


London Aquatics Centre merupakan fasilitas indoor dengan dua kolam renang 50 meter kolam dan kolam menyelam 25 meter, yang akan menjadi salah satu tempat utama dari London 2012 Olimpiade dan Paralimpiade Musim Panas London 2012.

SEJARAH
Design
Ini dirancang oleh Pritzker pemenang Hadiah arsitek Zaha Hadid pada tahun 2004 sebelum London memenangkan tawaran. Pusat ini terletak di Taman Olimpiade di Stratford di London timur. Dengan arsitektur khas dan atap melengkung, itu akan menjadi pengunjung tempat pertama melihat saat memasuki Taman Olimpiade.

Perangkat lunak yang digunakan adalah desain OASYS, divisi perangkat lunak Arup. Desain drainase perangkat lunak yang digunakan adalah dari Drainase Mikro. Arsitek Proyek Jim Heverin. Situs ini adalah 45 meter, 160 meter, dan 80 meter.

Konstruksi
Para Aquatics Centre kontrak diberikan kepada Balfour Beatty pada April 2008. Pada saat yang sama dilaporkan bahwa pusat akan menelan biaya sekitar tiga kali lipat pada awalnya diperkirakan, yang berjumlah sekitar 242m poundsterling. Peningkatan biaya dikaitkan dengan inflasi konstruksi dan kenaikan PPN, dan juga termasuk perkiraan biaya mengkonversi fasilitas untuk kepentingan umum setelah Olimpiade dan Paralimpiade. Atapnya dinyatakan sebagai 11.200 kaki persegi (1.040 m2), penurunan dari 35.000 kaki persegi yang dinyatakan sebelumnya (3.300 m2).
London Aquatics Centre selama konstruksi pada bulan Februari 2011

Meskipun kenaikan biaya, pusat harus tetap dalam anggaran pembangunan total untuk acara, yang diperkirakan £ 6.09bn.

Konstruksi dimulai pada Juli 2008 dan selesai pada Juli 2011.

Penutup atap aluminium telah disediakan oleh Kalzip. Struktur baja dibangun bekerjasama dengan Rowecord Teknik. Langit-langit dibangun dengan 30.000 bagian kayu Lauro Merah.

Menara selam enam papan terbuat dari 462 ton beton. Atap baja beratnya 3.200 ton. Tiga kolam menahan sekitar 10 juta liter air.

SITE
Pusat ini akan digunakan untuk acara Olimpiade berenang, menyelam, dan disinkronkan renang, dan untuk acara Paralimpiade berenang.

Kapasitas
Selama Olimpiade itu akan memiliki kapasitas 17.500, yang akan dikurangi menjadi 2.500 setelah Olimpiade.
Interior Juli 2011
Legacy/Warisan
Diharapkan pusat akan meninggalkan warisan penggantian kolam di Crystal Palace National Sports Centre di London Selatan sebagai fasilitas terkemuka London untuk olahraga air.

DATA - DATA PROYEK SELENGKAPNYA
  • Lokasi : 100-107 A115, Stratford, London, Inggris Raya
  • Dibangun : 27 Juli 2011
  • Penyelenggara : Olimpiade Pengiriman Otoritas
  • Permukaan : Renang dan kolam menyelam
  • Biaya Konstruksi : £ 269m
  • Arsitek : Zaha Hadid Architects, Olahraga Arsitek - S & P Architects
  • Manajer Proyek : Stuart Fraser (Balfour Beatty)
  • Teknik Struktur : Ove Arup & Partners
  • Teknik Service : Fire Safety - Arup Api, Akustik - Akustik Arup, Lighting - Arup Lighting, Facade - Robert-Jan Van Santen Associates
  • Kontraktor Umum : Balfour Beatty
  • Kontraktor Utama : Beton - London Beton, Besi - Rowecord Teknik
  • Kapasitas : 17.500 (2.500 Pasca Olimpiade)

Jumat, 17 Februari 2012

Church of the Light, Ibaraki, Osaka, Jepang


The Church of the Light (atau disebut "Gereja dengan Cahaya") adalah kapel utama Ibaraki Kasugaoka Gereja. Dibangun pada tahun 1989, di kota Ibaraki, Prefektur Osaka. Gedung ini adalah salah satu desain yang paling terkenal dari arsitek Jepang Tadao Ando.

Pada tahun 1999, bangunan utama diperpanjang dengan penambahan sebuah Sekolah Minggu.

KONSTRUKSI & STRUKTUR
Gereja Light adalah struktur kecil di sudut dua jalan di Ibaraki, sebuah lingkungan perumahan. Terletak 25 km sebelah utara-timur laut dari Osaka di kaki bukit barat koridor lembah Yodo kereta api. Gereja ini memiliki luas sekitar 113 m² (1216 ft ²): tentang ukuran yang sama sebagai sebuah rumah kecil.

Gereja itu direncanakan sebagai add-on untuk kapel kayu dan rumah menteri yang sudah ada di lokasi. Gereja Cahaya terdiri dari tiga 5.9m kubus beton (5.9m lebar x 17.7m panjang x 5.9m tinggi) ditembus oleh dinding miring di 15 °, membagi kubus ke dalam kapel dan area pintu masuk. Satu tidak langsung masuk gereja dengan menyelipkan di antara dua jilid, yang berisi sekolah Minggu dan yang lainnya yang berisi ruang ibadah. Bangku-bangku, bersama dengan papan lantai, yang dibuat ulang bertujuan perancah yang digunakan dalam konstruksi. Sebuah salib dipotong ke dalam beton di belakang altar, dan menyalakan saat pagi hari (seperti yang menghadap ke timur).

Butuh waktu lebih dari dua tahun untuk menyelesaikannya. Penundaan dalam menyelesaikan pekerjaan itu karena masalah dalam meningkatkan dana yang diperlukan. Awalnya dikhawatirkan bahwa akan biaya lebih dari anggaran dan Ando bahkan dianggap bangunan itu tanpa atap, tetapi perusahaan konstruksi disumbangkan atap dan ini menjadi tidak perlu.

TEMA DESAIN
Tadao Ando sering menggunakan filosofi Zen ketika konseptualisasi struktur nya. Salah satu tema ia menyatakan dalam karya ini adalah sifat ganda dari keberadaan. Ruang kapel didefinisikan oleh cahaya, kontras kuat antara cahaya dan solid. Dalam cahaya kapel masuk dari belakang altar dari memotong salib di dinding beton yang memanjang vertikal dari lantai ke langit-langit dan horizontal dari dinding ke dinding, menyelaraskan sempurna dengan sendi di beton. Pada persimpangan cahaya dan padat penghuni dimaksudkan untuk menyadari pembagian mendalam antara spiritual dan sekuler dalam dirinya sendiri.

Salah satu fitur interior adalah kehampaan yang mendalam. Banyak yang memasuki gereja mengatakan mereka merasa mengganggu. Ruang kosong yang berbeda dan jumlah tenang mutlak untuk rasa ketenangan. Untuk Ando ide 'kekosongan' berarti sesuatu yang berbeda. Hal ini dimaksudkan untuk mentransfer seseorang ke dalam bidang spiritual. Kekosongan ini dimaksudkan untuk menyerang penghuni sehingga ada ruang untuk 'spiritual' untuk mengisi mereka.

ANDO & Dindingnya
Elemen satu dilakukan melalui struktur Tadao Ando adalah pemujaan nya dari dinding beton bertulang. Pentingnya diberikan kepada dinding adalah keberangkatan yang berbeda dari arsitektur modernis. Mereka biasanya terbuat dari 'in-situ' dituangkan dalam beton tempat. Perawatan cukup diambil untuk melihat bahwa dinding sesempurna teknik akan memungkinkan. Tembok-tembok yang tebal, padat, masif, dan permanen. Shell beton bertulang utama dari Gereja Cahaya adalah 15 inci tebal.

"Dalam semua karya saya, cahaya merupakan faktor pengendali penting," kata Ando. "Saya menciptakan ruang tertutup terutama melalui dinding beton tebal Alasan utama adalah untuk menciptakan tempat bagi individu, sebuah zona untuk diri sendiri dalam masyarakat.. Ketika faktor-faktor eksternal dari lingkungan kota membutuhkan dinding untuk menjadi tanpa bukaan, interior harus terutama penuh dan memuaskan. "Dan lebih lanjut tentang masalah dinding, Ando menulis, "Pada saat dinding memanifestasikan daya yang berbatasan dengan kekerasan. Mereka memiliki kekuasaan untuk membagi ruang, tempat mengubah bentuk, dan membuat domain baru Dinding adalah elemen paling dasar dari arsitektur,. Tetapi mereka juga dapat menjadi yang paling memperkaya. "

"Permukaan halus dicapai dengan mengadopsi kualitas campuran teknik padat dengan penurunan kurang dari 15 cm (6in) dan dengan memastikan getaran menyeluruh dengan penutup minimum untuk memperkuat bar dari 5cm (2in) untuk menghindari pelapukan masalah dan pewarnaan. Kepadatan hasil beton di permukaan kaca seperti yang register kualitas cahaya yang berbeda, dan cenderung dematerialize itu. Karena beton Ando begitu tepat tempa, begitu halus dan reflektif, menghasilkan ilusi permukaan, kencang tekstil daripada menyajikannya . sebagai massa membumi berat Ando memiliki tim sendiri tukang kayu ahli untuk membuat bekisting yang bersaing satu sama lain, bahkan jadi, dinding nya mengandung ketidaksempurnaan dan tidak seimbang ". ("Gereja di Air, Gereja Terang" oleh Tadao Ando dan Philip Drew)

The Cité de la Musique, Paris - Perancis

The Cité de la Musique

The Cité de la Musique (Perancis: Kota Musik) adalah sekelompok lembaga yang didedikasikan untuk musik dan terletak di kuartal Villette La, arondisemen ke-19, Paris, Perancis. Ini dirancang oleh arsitek Christian de Portzamparc dan dibuka pada 1995. Ini terdiri dari sebuah amfiteater, sebuah gedung konser yang dapat menampung penonton 800-1,000, sebuah museum musik, berisi koleksi penting dari instrumen musik klasik berasal terutama dari kelima belas-ke abad kedua puluh, dan ruang pameran, lokakarya dan arsip . Bagian dari François Mitterrand Grands projets bersama dengan Parc de la Villette, yang Cité de la Musique diciptakan kembali La Villette - distrik jagal mantan.

Alamat resmi adalah 221, Avenue Jean Jaurès, 75019 Paris.

Philharmonie de Paris

Philharmonic Paris (Philharmonie de Paris), sebuah simfoni 2400-kursi ruang, telah direncanakan selama sekitar 20 tahun dan kini dijadwalkan selesai pada 2012. Pengumuman ini dibuat pada tanggal 6 Maret 2006 oleh Menteri Kebudayaan Perancis dan komunikasi Donnedieu Renaud de Vabres, walikota Paris Bertrand Delanoë, dan direktur Cité de la Musique, Laurent Bayle, pada konferensi pers mengenai pembukaan kembali yang Pleyel Hall, sekarang terkait dengan Museum.

Biaya pembangunan auditorium baru mungkin mencapai EUR170 juta, dan akan dibayar untuk sama-sama oleh Pemerintah Perancis dan oleh Ville de Paris, yang tidak mengecualikan kemungkinan pendanaan dari wilayah Ile-de-Perancis atau penggunaan pribadi pembiayaan.

Hal itu disampaikan pada bulan April 2007 yang aula akan dibangun oleh Jean Nouvel.

Musée de la Musique
Museum of Music (Musée de la Musique) memiliki koleksi ratusan alat musik dikumpulkan oleh Conservatoire de Paris. Koleksi museum berisi instrumen yang digunakan dalam musik klasik dan populer dari abad ketujuh belas sampai sekarang termasuk kecapi, archlutes, hampir 200 gitar klasik, biola oleh Italia luthiers Antonio Stradivari, keluarga Guarneri, Nicolò Amati; Perancis dan harpsichord Flemish; piano oleh Perancis piano pembuat Erard dan Ignaz Pleyel, dan saksofon oleh Adolph Sax.

Instrumen yang dipamerkan oleh periode dan berdasarkan jenisnya. Perangkat audio disediakan di pintu masuk memungkinkan pengunjung untuk mendengar komentar dan kutipan dari musik yang dimainkan pada instrumen.

GalleryHarpsichord, 1677, Bologne, Italie

Pianos from the beginning of the 19th century

Harpsichords from the second half of the 18th century

17th century guitars

18th century instruments with a hunting horn by Carlin

BIOGRAFI Christian de Portzamparc


Christian de Portzamparc (lahir 5 Mei 1944 di Casablanca, Maroko) adalah arsitek Perancis dan Urbanis. Dia lulus dari École Nationale des Beaux Arts di Paris pada tahun 1970 dan telah dicatat untuk desain yang berani dan sentuhan artistik; proyeknya mencerminkan sensibilitas untuk lingkungan mereka dan kota itu adalah seorang kepala pendiri karyanya. Ia memenangkan Hadiah Pritzker tahun 1994.

KARIR
Christian de Portzamparc lahir di Casablanca pada 1944, dan lulus dari School of Fine Arts di Paris pada 1970. Dia menciptakan lembaganya pada tahun 1980, didukung oleh Marie-Elisabeth Nicoleau, Étienne Pierres dan Bertrand Beau, dan kemudian disambut Bruno Durbecq, Céline Barda, Lea Xu, André Terzibachian dan Clovis Cunha. Berbasis di Paris, badan memiliki 'satelit' kantor di dekat lokasi pembangunan, di samping kantor di New York dan Rio de Janeiro, dan merupakan tim 80 orang, yang diambil dari segala penjuru dunia.

Keduanya arsitek dan perencana perkotaan, Christian de Portzamparc terlibat dalam penelitian bentuk dan makna, serta menjadi sebuah constructer. Karyanya berfokus pada penelitian lebih spekulasi dan menyangkut kualitas hidup; estetika dikondisikan oleh etika, dan dia menyatakan bahwa kita memiliki satu terlalu sering dipisahkan dari yang lain. Christian de Portzamparc berfokus pada semua skala konstruksi, dari bangunan sederhana untuk perkotaan berpikir ulang; kota adalah pendiri utama dari karyanya, berkembang secara paralel dan silang sepanjang tiga baris utama: lingkungan atau kota buah, bangunan individu dan pencakar langit.

Pertumbuhan proyek-proyek perkotaan Christian de Portzamparc melalui kompetisi dan studi menimbulkan suatu evolusi dari metode, hasil praktis dari penelitian teoritis dan analisis. Visi diperbaharui struktur perkotaan, yang bernama blok "terbuka" di 80, dapat dilihat hari ini melalui proyek-proyek seperti Masséna Quartier - Seine Rive Gauche (sejak 1995), seluruh lingkungan dari Paris, dan di La Lironde (sejak 1991), di selatan Perancis, yang keduanya menggambarkan tuannya perencanaan dan teknik koordinasi.

Bangunan ikonik Christian de Portzamparc itu, tiang perkotaan tarik-menarik, menciptakan lingkungan dimana interior dan eksterior saling merasuk ruang, bekerja sebagai katalis dalam Cityscape dinamika. Metode berfungsi datang ke dalam bermain dalam program-program budaya yang besar, sering didedikasikan untuk tari dan musik, contoh yang terbaru yang mencakup 1.500 kursi philharmonic hall, 300 kursi ruang aula dan 120 kursi elektro-akustik ruang di Luksemburg, selesai pada tahun 2005, ditambah 1.800 kursi ruang konser yang unik yang berubah menjadi sebuah opera 1.300 kursi rumah, yang sedang dibangun, antara ruang musik lainnya, sebagai bagian dari proyek Cidade da Música di Rio de Janeiro, Brasil.

Menara diciptakan oleh Christian de Portzamparc miliki, sejak awal, merupakan hasil dari studinya dari dimensi vertikal dan patung, berkonsentrasi pada bentuk prismatik, contoh yang paling diakui satunya adalah Menara LVMH dibuat pada tahun 1995 di New York, Amerika Serikat , yang de Portzamparc menerima banyak penghargaan, akan segera disertai dengan menara residensial pada 400 Taman jalan di Manhattan, yang situs yang akan dimulai pada tahun 2010.

Pada tahun 1994 Christian de Portzamparc menjadi arsitek Perancis pertama yang mendapatkan "Hadiah Pritzker Arsitektur" bergengsi, pada usia 50. Pada tahun 2006, College de Perancis menciptakan sebuah kursi ke-53 didedikasikan 'kreasi seni', dan meminta Christian de Portzamparc menjadi penghuni pertama. Hari ini, dia terus bekerja penelitiannya melalui proyek-proyek yang sedang berlangsung di seluruh dunia, mengungkapkan kesegaran nya, kesenangan dan gairah melalui perfeksionisme yang ditandai karyanya dari awal.
(wikipedia)

Kamis, 19 Januari 2012

Proyek-Proyek Realisasi : Christian de Portzamparc

1971-1974
Château d’eau, Marne la Vallée

1975-1979
Les Hautes-Formes housing project, Paris

1983-1987
Dance school for the Paris Opera, Nanterre

1985-1987
Beaubourg Cafe, Paris

1988-1990
Musée Bourdelle, Paris

1989-1991
Nexus II, Fukuoka, Japan

1984-1995
The City of Music, Paris

1991-1995
Crédit Lyonnais tower, Lille

1993-1999
Law courts, Courts of Justice, Grasse

1993-2006
Centre of science, library and museum “Les Champs Libres”, Rennes

1994-1999
Extension of the Palais des Congrès Porte Maillot, Paris

1995-1999
LVMH Tower, New York

1997-2003
French Embassy of Germany, Berlin

2001-2004
Headquarters for the press group Le Monde, Paris

1997-2005
Philharmonie Luxembourg

2000-2006
“De Citadel”, housing and commercial centre Almere

2007-2009
Hergé museum, Louvain-la-Neuve, Belgium

Proyek-Proyek Prinsipal dalam Penanganan Pembangunan : Christian de Portzamparc

1991-2009
Development of the Lironde Gardens and construction of two Montpellier blocks

1995-2009
Urban development of the Masséna district, Paris

1998-2009
Croix Rousse Hospital, Lyon

2001-2008
Société Générale tower, La Défense, Paris

2002-2009
“400 Park Avenue South” residential tower in Manhattan, New York

2002-2011
Concert halls, cinema, school of music Cidade da Musica, Rio de Janeiro

2003-2008
Renaissance Paris Wagram Hotel, Paris

2006-2009
Regional hall, Hôtel de Région Rhône Alpes, Lyon

2004-2008
Multiplex Europalaces-Gaumont, Rennes

2004-2008
Residential development “La prairie au Duc”, Nantes

2004-2008
Bastide residential development in Bordeaux

2011-2015
Amphitheater District in Metz

Sabtu, 14 Januari 2012

5 Gedung Penakluk Rencana Gedung Tomy Winata

(TEMPO) Arch Daily memberitakan pengusaha Indonesia Tomy Winata hendak membangun sebuah gedung setinggi 638 meter sebelum tahun 2020. Gedung bernama "Signature Tower" ini memiliki puncak mirip buah nanas dan menjadi salah satu dari lima gedung tertinggi dunia.

Gedung yang rencananya 100 lantai itu akan menjadi salah satu bangunan mixed-use berkelas dunia dan juga gedung tertinggi Indonesia. Nah, ini lima gedung yang masih lebih tinggi dibandingkan milik Tomy Winata, bila rencana itu terealisasikan.

1. BURJ KHALIFA
Menara ini terletak di ibu kota Uni Emirat Arab, Dubai. Dibuka pada 2010, memiliki tinggi 828 meter dan terdiri dari 163 lantai. Gedung ini digunakan sebagai apartemen mewah, hotel, pusat perbelanjaan, perpustakaan dan pusat kebugaran yang dilengkapi dengan ruang fitness dan kolam renang.

Burj Khalifa dirancang oleh Adrian Smith, arsitek asal Amerika Serikat. Dia seorang ahli seni bangunan yang telah berpengalaman selama 40 tahun dan memenangi berbagai penghargaan.

Dalam sebuah wawancara, Smith menyatakan rasa bangga akan hasil rancangannya itu. "Saya tidak pernah berpikir untuk mengubah atau menambahkan detail pada rancangan saya tersebut, semuanya sangat sempurna," katanya.

2. TOKYO SKY TREE
Gedung setinggi 634 meter ini dibangun pada 2006 dan akan resmi dibuka Februari tahun ini. Terletak satu kilometer timur Asakusa, sebuah wilayah antara Tokyo dan Ryogoku. Ryogoku adalah kota yang terkenal karena pertandingan gulat tradisional Jepang, Sumo.

Fungsi utama dari menara ini adalah untuk siaran televisi digital. Sebanyak lima stasiun televisi, termasuk NHK akan menyiarkan programnya melalui menara ini. Hal tersebut merupakan penanda beralihnya siaran analog ke digital.

Selain sebagai menara televisi, Tokyo Sky Tree juga dipergunakan sebagai pusat perbelanjaan, restoran, dan pusat observasi.

Firma arsitektur Nikken Sekkei menjadi perusahaan yang berperan mendesain gedung ini.

3. ABRAJ AL-BAIT TOWER
Gedung tertinggi berikutnya adalah Abraj Al-Bait Tower atau dikenal juga dengan nama Mecca Royal Hotel Clock Tower. Terletak di Mekah, Arab Saudi, gedung ini memiliki tinggi 601 meter dengan 120 lantai. Menara ini terdiri dari apartemen mewah dan hotel. Dibangun tahun 2004 dan resmi dibuka tahun ini.

Hal menarik dari menara ini adalah letaknya yang berada dekat di selatan pintu masuk Masjidil Haram. Melewati pintu masuk inilah, Kabah yang merupakan tempat suci Umat Muslim dapat langsung dituju.

Dar Al-Handasah adalah perusahaan yang mendesain gedung ini. Perusahaan ini telah mendesain banyak bangunan pencakar langit di Timur Tengah dan Eropa.

4. CANTON TOWERGedung kebangaan rakyat Cina ini dibuka pada 29 September 2010 untuk menandai pembukaan Asian Games Guangzhou. Canton Tower memiliki tinggi 600, terdiri dari 110 lantai.

Terletak di Haizhu Distrik kota Guangzhou, menara ini digunakan sebagai menara observasi untuk astronomi juga gedung pemancar televisi.

Mark Hemel dan Barbara Kuit menjadi arsitek menara ini, keduanya berasal dari Belanda. Hemel memiliki keunggulan akan desainnya yang bersifat global. Sedangkan Kuit banyak memberikan sentuhan seni pada karyanya.

5. CN TOWER
Di antara lima gedung tertinggi di dunia, CN Tower merupakan yang tertua. Menara ini dibangun tahun 1972 dan resmi dibuka pada 1976. Terletak di pusat kota Ontario, Kanada , menara ini memiliki tinggi 553,3 meter.

Pada tahun 1970-an, CN Tower menjadi gedung tertinggi di dunia. Bangunan ini berfungsi sebagai menara observasi, telekomunikasi dan restoran.

John Andrewz, seorang berkebangsaan Kanada kelahiran Australia menjadi arsitek CN Tower. Ia turut mendesain banyak gedung di Australia dan juga mengembangkan perusahan miliknya, John Andrewz International Pty.Ltd di negara tersebut.