Loading...

Kamis, 02 Desember 2010

Biografi "NORMAN FOSTER"

Norman Robert Foster, lahir 1 Juni 1935 adalah seorang arsitek Inggris, perusahaannya mempertahankan praktek desain internasional. Dia adalah salah perancang bangunan yang produkti dan berkantor di Inggris Tengara. Pada tahun 2009 Foster dianugerahi Penghargaan Prince of Asturias dalam kategori Seni.

Foster dilahirkan di Reddish, Stockport, Inggris, pada sebuah keluarga kelas pekerja. Meninggalkan sekolah pada usia 16, ia bekerja di kantor Bendahara Manchester City sebelum bergabung dengan National Service di Royal Air Force. Setelah selesai, pada tahun 1956 Foster kuliah di University of Manchester School of Arsitektur dan Perencanaan Kota (lulus tahun 1961). Dia menaruh minat dalam karya-karya Frank Lloyd Wright, Ludwig Mies van der Rohe, Le Corbusier dan Oscar Niemeyer. Ia memenangkan Fellowship Henry ke Yale School of Architecture, dimana dia bertemu dengan mitra bisnis masa depan Richard Rogers dan memperoleh gelar Magister. Dia kemudian melakukan perjalanan ke Amerika selama satu tahun, kembali ke Inggris pada tahun 1963 di mana ia mendirikan sebuah praktek arsitektur sebagai Tim 4 dengan Rogers dan Georgie saudari dan Wendy Cheesman. Georgie (kemudian Wolton) adalah satu-satunya tim yang telah lulus ujian nya RIBA memungkinkan mereka untuk mendirikan praktek sendiri. Tim 4 dengan cepat memperoleh reputasi untuk desain industri teknologi tinggi.

Setelah Tim 4 bubar, pada tahun 1967 Foster dan Wendy Cheesman mendirikan Foster Associates, yang kemudian menjadi Foster dan Partners. Tahun 1968 adalah awal dari sebuah periode panjang kerja sama dengan arsitek Amerika Richard Buckminster Fuller, yang terus sampai kematian Fuller pada tahun 1983, pada beberapa proyek yang menjadi katalis dalam pengembangan pendekatan lingkungan sensitif terhadap desain - termasuk proyek Samuel Beckett Theatre.

Foster Partners membuat terobosan membangun di Inggris yaitu Kantor Pusat Willis Faber Dumas di Ipswich, sejak tahun 1974. Klien adalah perusahaan keluarga asuransi perusahaan yang ingin mengembalikan rasa komunitas untuk tempat kerja. Foster menciptakan lantai terbuka rencana kantor jauh sebelum rencana terbuka menjadi norma. Di kota yang tidak terlalu difasilitasi dengan fasilitas umum, taman atap, kolam renang 25m dan gimnasium sangat meningkatkan kualitas hidup 1200 karyawan perusahaan. Bangunan ini dibungkus dengan fasad kaca penuh ketinggian cetakan sendiri dengan rencana jalan drama abad pertengahan dan memberikan kontribusi nyata, secara halus beralih dari buram, reflektif hitam untuk sebuah transparansi backlit bercahaya sebagai matahari terbenam. Bangunan ini sekarang terdaftar sebagai bangunan Grade One.

Sekarang, Foster Partners bekerja dengan mengkolaborasi rekayasa untuk mengintegrasikan sistem komputer yang rumit dengan hukum-hukum fisika yang paling dasar, seperti konveksi. Pendekatan ini menciptakan cerdas, struktur yang efisien seperti markas London Swiss Re pada 30 St Mary Axe, dijuluki "The Gherkin", yang kompleks fasad memungkinkan di udara untuk menghasilkan pendinginan pasif dan kemudian ventilasi sebagai itu menghangatkan dalam ketinggian.

Desain Foster sebelumnya tercermin oleh mesin, canggih dipengaruhi visi teknologi tinggi. Gayanya telah berkembang menjadi sebuah modernitas, lebih luhur dan tajam.

Pada bulan Januari 2007, The Sunday Times melaporkan bahwa Foster menelepon di Catalyst, sebuah rumah keuangan perusahaan, untuk mencari pembeli Foster Partners. Foster tidak bermaksud untuk pensiun, tapi menjual dan memegang nya 80-90% di perusahaan senilai £ 300 juta sampai £ 500 juta.

Pada tahun 2007, dia bekerja dengan Philip Starck dan Sir Richard Branson dari Virgin Group untuk rencana-rencana Virgin Galactic.

Foster saat ini duduk di Dewan Pengawas pada arsitektur amal Article 25 yang merancang, membangun dan mengelola inovatif, aman, bangunan berkelanjutan di beberapa daerah yang paling tidak ramah dan tidak stabil dunia. Ia juga berada di Dewan Pembina Yayasan Arsitektur.

1 komentar:

  1. Semoga saja saya bisa menjadi arsitek mendunia seperti beliau.

    BalasHapus

Terima Kasih Komentar Anda Tidak Menyinggung SARA

ANDA PENGUNJUNG KE :