Loading...

Rabu, 14 Oktober 2009

RUMAH ADAT LAMPUNG

Budaya Lampung memiliki kebudayaan yang cukup khas, salah satunya adalah rumah adat. Namun seperti rumah adat lainnya di Indonesia, rumah adat masyarakat Lampung sudah hampir langka. Kini, rumah adat Lampung hanya terdapat di tiga perkampungan. Jadi, kalau Anda berkunjung ke Lampung, jangan lewatkan perkampungan ini karena anda dapat menyaksikan keindahan rumah adat khas Lampung yang sesunguhnya.

1. Rumah adat kampung Ulok Gading,

Rumah ini dijadikan sebagai rumah Pemuka Adat dari salah satu kebandaran berdasarkan kebudayaan Lampung Peminggir atau Sabatin. Berbentuk Veranda/teras, dilengkapi dengan tangga, ruang kamar, dapur serta terdapat benda pusaka di dalamnya. Sehingga tampak khas bahwa rumah ini adalah rumah adat suku Lampung.

2. Rumah adat kampung Kedamaian,

Rumah ini merupakan rumah peninggalan satu keluarga Suku Pubian Telu, yaitu seorang pemuka adat setempat. Rumah ini seringkali dijadikan tempat untuk bermusyawrah peradatan, baik itu kerabat ataupun pendatang.

3. Rumah adat Kedatun Keagungan,

Selain itu, rumah ini mendapat sebutan "Museum Hidup", yaitu rumah adat yang dilengkapi berbagai perlengkapan dan koleksi-koleksi benda pusaka. Lokasi rumah adat ini tepatnya di Jl. Sultan Haji- Kota Sepang, Bandar Lampung dengan luas tanah sekitar 7000 m persegi. (wisatanet.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih Komentar Anda Tidak Menyinggung SARA

G A L E R I A - A R S I T E K T U R

Loading...

ANDA PENGUNJUNG KE :