Loading...

Sabtu, 24 Oktober 2009

BIOGRAFI

Kenneth Frampton (lahir 1930, Woking, Inggris), adalah seorang arsitek Inggris, kritikus, sejarawan dan Guru Besar Arsitektur Ware di Sekolah Pascasarjana Arsitektur, Perencanaan, dan Pemeliharaan di Columbia University, New York.

Frampton belajar arsitektur di Guildford Sekolah Seni dan Architectural Association School of Architecture, London. Kemudian ia bekerja di Israel, dengan Middlesex County Council dan Douglas Stephen dan Mitra (1961-66), selama itu ia juga seorang tutor mengunjungi di Royal College of Art (1961-64), tutor di Architectural Association (1961 -- 63) dan Teknis Editor jurnal Desain Arsitektur (AD) (1962-65).

Frampton juga mengajar di Princeton University (1966-71) dan Bartlett School of Architecture, London, (1980). Dia telah menjadi anggota staf pengajar di Columbia University sejak tahun 1972, dan tahun yang sama ia menjadi rekan dari Institut Arsitektur dan Urban Studies di New York - (yang anggotanya juga termasuk Peter Eisenman, Manfredo Tafuri dan Rem Koolhaas) - dan seorang co-editor pendiri majalah dari oposisi.

Frampton terkenal karena menulis pada abad kedua puluh arsitektur. Bukunya mencakup Modern Architecture: A Critical History (1980; direvisi 1985, 1992 dan 2007) dan Studi di Tektonik Budaya (1995). Frampton dicapai menonjol besar (dan pengaruh) dalam pendidikan arsitektur dengan esai "Towards a Critical regionalism" (1983) - meskipun istilah telah diciptakan oleh Alexander Tzonis dan Liliane Lefaivre. Selain itu, esai Frampton dimasukkan dalam buku The Anti-Aesthetic. Essays on Postmodern Culture, disunting oleh Hal Foster, meskipun Frampton kritis terhadap postmodernisme. Posisi sendiri Frampton upaya untuk mempertahankan versi modernisme yang terlihat baik untuk kritis kedaerahan atau 'sesaat' pemahaman tentang otonomi praktek arsitektur dari segi keprihatinan sendiri dengan bentuk dan tektonik yang tidak dapat direduksi menjadi ekonomi (sementara sebaliknya mempertahankan Sayap Kiri pandangan tentang tanggung jawab sosial arsitektur).

Pada tahun 2002 koleksi tulisan-tulisan Frampton selama 35 tahun itu dikumpulkan dan diterbitkan dengan judul Buruh, Kerja dan Arsitektur. Pada tahun 2006, ia menulis pengantar untuk buku arsitek Flemish Georges Baines.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Komentar Anda Tidak Menyinggung SARA

ANDA PENGUNJUNG KE :