Loading...

Sabtu, 24 Oktober 2009

BIOGRAFI "BURNHAM"

Daniel Hudson Burnham (4 September 1846-1 Juni 1912) adalah arsitek dan perencana perkotaan berkebangsaan Amerika Serikat. Ia pernah menjadi direktur proyek ketika diadakan Pameran Dunia Columbus (World's Columbian Exposition) tahun 1893 di Chicago. Di antara bangunan terkenal yang hasil desainnya adalah Gedung Flatiron di New York City, dan Union Station di Washington D.C.

Burnham lahir di Henderson, New York dan dibesarkan di Chicago, Illinois. Kedua orang tua membesarkannya dengan ajaran Swedenborgianisme (Church of New Jerusalem). Prinsip bahwa orang harus berjuang keras untuk melayani orang lain tertanam kuat di dalam dirinya. Setelah gagal dalam ujian masuk Universitas Harvard dan Universitas Yale serta karier singkat yang gagal di bidang politik, Burnham magang sebagai juru gambar di biro arsitek William LeBaron Jenney. Ketika berusia 26 tahun, Burnham pindah kerja ke kantor Carter, Drake, and Wight cabang Chicago. Di kantor yang baru, ia bertemu John Wellborn Root (1850-1891) yang kemudian menjadi rekan kerja sewaktu mendirikan biro arsitek.

Sebagai Burnham and Root, mereka berdua menjadi arsitek salah satu gedung pencakar langit Amerika yang pertama, Gedung Masonic Temple di Chicago. Gedung setinggi 21 lantai atau 92 meter ini diklaim sebagai gedung tertinggi pada masanya, namun sudah diruntuhkan tahun 1939. Di bawah pengaruh desain Root, biro Burnham and Root melahirkan gedung-gedung modern yang menjadi bagian dari Aliran Chicago dalam arsitektur. Setelah Root meninggal di usia muda akibat pneumonia pada tahun 1891, nama biro diganti menjadi D.H. Burnham and Co..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Komentar Anda Tidak Menyinggung SARA

ANDA PENGUNJUNG KE :