Loading...

Sabtu, 14 Januari 2012

5 Gedung Penakluk Rencana Gedung Tomy Winata

(TEMPO) Arch Daily memberitakan pengusaha Indonesia Tomy Winata hendak membangun sebuah gedung setinggi 638 meter sebelum tahun 2020. Gedung bernama "Signature Tower" ini memiliki puncak mirip buah nanas dan menjadi salah satu dari lima gedung tertinggi dunia.

Gedung yang rencananya 100 lantai itu akan menjadi salah satu bangunan mixed-use berkelas dunia dan juga gedung tertinggi Indonesia. Nah, ini lima gedung yang masih lebih tinggi dibandingkan milik Tomy Winata, bila rencana itu terealisasikan.

1. BURJ KHALIFA
Menara ini terletak di ibu kota Uni Emirat Arab, Dubai. Dibuka pada 2010, memiliki tinggi 828 meter dan terdiri dari 163 lantai. Gedung ini digunakan sebagai apartemen mewah, hotel, pusat perbelanjaan, perpustakaan dan pusat kebugaran yang dilengkapi dengan ruang fitness dan kolam renang.

Burj Khalifa dirancang oleh Adrian Smith, arsitek asal Amerika Serikat. Dia seorang ahli seni bangunan yang telah berpengalaman selama 40 tahun dan memenangi berbagai penghargaan.

Dalam sebuah wawancara, Smith menyatakan rasa bangga akan hasil rancangannya itu. "Saya tidak pernah berpikir untuk mengubah atau menambahkan detail pada rancangan saya tersebut, semuanya sangat sempurna," katanya.

2. TOKYO SKY TREE
Gedung setinggi 634 meter ini dibangun pada 2006 dan akan resmi dibuka Februari tahun ini. Terletak satu kilometer timur Asakusa, sebuah wilayah antara Tokyo dan Ryogoku. Ryogoku adalah kota yang terkenal karena pertandingan gulat tradisional Jepang, Sumo.

Fungsi utama dari menara ini adalah untuk siaran televisi digital. Sebanyak lima stasiun televisi, termasuk NHK akan menyiarkan programnya melalui menara ini. Hal tersebut merupakan penanda beralihnya siaran analog ke digital.

Selain sebagai menara televisi, Tokyo Sky Tree juga dipergunakan sebagai pusat perbelanjaan, restoran, dan pusat observasi.

Firma arsitektur Nikken Sekkei menjadi perusahaan yang berperan mendesain gedung ini.

3. ABRAJ AL-BAIT TOWER
Gedung tertinggi berikutnya adalah Abraj Al-Bait Tower atau dikenal juga dengan nama Mecca Royal Hotel Clock Tower. Terletak di Mekah, Arab Saudi, gedung ini memiliki tinggi 601 meter dengan 120 lantai. Menara ini terdiri dari apartemen mewah dan hotel. Dibangun tahun 2004 dan resmi dibuka tahun ini.

Hal menarik dari menara ini adalah letaknya yang berada dekat di selatan pintu masuk Masjidil Haram. Melewati pintu masuk inilah, Kabah yang merupakan tempat suci Umat Muslim dapat langsung dituju.

Dar Al-Handasah adalah perusahaan yang mendesain gedung ini. Perusahaan ini telah mendesain banyak bangunan pencakar langit di Timur Tengah dan Eropa.

4. CANTON TOWERGedung kebangaan rakyat Cina ini dibuka pada 29 September 2010 untuk menandai pembukaan Asian Games Guangzhou. Canton Tower memiliki tinggi 600, terdiri dari 110 lantai.

Terletak di Haizhu Distrik kota Guangzhou, menara ini digunakan sebagai menara observasi untuk astronomi juga gedung pemancar televisi.

Mark Hemel dan Barbara Kuit menjadi arsitek menara ini, keduanya berasal dari Belanda. Hemel memiliki keunggulan akan desainnya yang bersifat global. Sedangkan Kuit banyak memberikan sentuhan seni pada karyanya.

5. CN TOWER
Di antara lima gedung tertinggi di dunia, CN Tower merupakan yang tertua. Menara ini dibangun tahun 1972 dan resmi dibuka pada 1976. Terletak di pusat kota Ontario, Kanada , menara ini memiliki tinggi 553,3 meter.

Pada tahun 1970-an, CN Tower menjadi gedung tertinggi di dunia. Bangunan ini berfungsi sebagai menara observasi, telekomunikasi dan restoran.

John Andrewz, seorang berkebangsaan Kanada kelahiran Australia menjadi arsitek CN Tower. Ia turut mendesain banyak gedung di Australia dan juga mengembangkan perusahan miliknya, John Andrewz International Pty.Ltd di negara tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Komentar Anda Tidak Menyinggung SARA

ANDA PENGUNJUNG KE :