Loading...

Sabtu, 08 Mei 2010

RUMAH TAMBI, Sulawesi Selatan

Rumah tambi yang terletak didesa besoa Lore tengah, diperkirakan telah berumur lebih dari 100 tahun. Namun sayang pemeliharaan bangunan purbakala ini sepertinya tidak mendapat perhatian dari pemerintah.
Hal ini terlihat dari kurang terpeliharanya bangunan tersebut, pemeliharaan sepenuhnya oleh masyarakat desa doda. Menurut para tokoh adat/orang tua desa besoa bagunan ini adalah satu dari beberapa bangunan Tambi yang masih lengkap, namun pada tahun 2007 kemarin bahwa pintu rumah tambi yang berukirkan lambang tadulako sudah hilang entah kemana?
Kalo kejadian seperti ini tidak menjadi perhatian, maka yakinlah satu persatu furniture rumah tambi akan hilang, maka hilang sejarah rumah tambi, Sungguh malang nian nasib rumah bersejarah ini dengan cagar budaya yang sangat tinggi serta warisan leluhur yang tidak ternilai harganya akan musnah begitu saja oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Entah kapan disuatu waktu kelak, bilamana orang asing berkecimpung alias kasak kusuk, baru tuhh... pada kebakaran jenggot. Hmmm...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Komentar Anda Tidak Menyinggung SARA

ANDA PENGUNJUNG KE :