Sabtu, 09 Juli 2011

Biografi : James Stirling


Sir James Frazer Stirling FRIBA (22 April 1926 di Glasgow - 25 Juni 1992 di London) adalah seorang arsitek Inggris dianggap menjadi salah satu arsitek paling penting dan berpengaruh dari paruh kedua abad ke-20. Ia mungkin paling dikenal sebagai salah satu dari sejumlah arsitek muda yang dari tahun 1950 pada mempertanyakan dan menumbangkan ajaran komposisi dan teoritis dari Gerakan modern pertama.

Pengembangan Stirling dari gelisah, reinterpretasi santun dari mereka sila - banyak dipengaruhi oleh teman dan guru, teori arsitektur penting dan Urbanis Colin Rowe - memperkenalkan semangat eklektik yang memungkinkan dia untuk menjarah menyapu seluruh sejarah arsitektur sebagai sumber inspirasi komposisi , dari Roma kuno dan Baroque, dengan banyak manifestasi periode modern, dari Frank Lloyd Wright Alvar Aalto. Kesuksesannya terletak pada kemampuannya untuk menggabungkan referensi ini ensiklopedik halus, dalam arsitektur, kuat dan berotot sangat menentukan yang kuat, gerakan percaya diri yang bertujuan untuk membentuk remake perkotaan.
RIWAYAT HIDUP & PEKERJAAN
Setelah masa perang, Stirling belajar arsitektur dari tahun 1945-1950 di University of Liverpool, di mana Colin Rowe adalah guru. Pada tahun 1956 ia dan James Gowan meninggalkan posisi mereka sebagai asisten dengan perusahaan dari Lyons, Israel, dan Ellis untuk mendirikan sebuah praktek : Stirling & Gowan. Proyek pertama, mereka mebangun "Rumah Susun di Ham Common" (1955-1958) - dianggap sebagai tonggak dalam pengembangan arsitektur perumahan 'brutalist', meskipun ini adalah deskripsi kedua arsitek ditolak. Hasil terbaik-terkenal kolaborasi Stirling & Gowan adalah Departemen Teknik di University of Leicester (1959-1963), mencatat untuk karakter teknologi dan geometris, ditandai dengan penggunaan tiga-dimensi gambar berdasarkan proyeksi axonometric dilihat baik dari di atas (dalam pandangan mata burung) atau di bawah (dalam pandangan mata cacing).

Pada tahun 1963 Stirling dan Gowan berpisah, Stirling kemudian mendirikan sendiri, membawa bersamanya kantor asisten Michael Wilford (yang memberikan bantuan administrasi yang sangat berharga dan kemudian menjadi partner karier). Sejak saat itu tugas desain, yang sebelumnya telah dibagi antara Stirling dan Gowan, tetap sangat banyak di bawah kontrol Stirling, dibantu oleh pembantu pribadi. Stirling mengawasi dua proyek yang menegaskan mandat sebagai seorang arsitek Inggris terkemuka - Fakultas Sejarah Perpustakaan di Universitas Cambridge dan Gedung Florey blok akomodasi bagi College Queen, Oxford. Dia juga menyelesaikan sebuah pusat pelatihan bagi Olivetti di Haslemere, Surrey dan perumahan bagi University of St Andrews yang keduanya memanfaatkan menonjol re-fabrikasi elemen, GRP untuk Olivetti dan pra-cor beton panel di St Andrews.

Selama 1970-an, bahasa arsitektur Stirling mulai berubah sebagai skala proyek pindah dari kecil dan tidak terlalu menguntungkan yang sangat besar, sebagai arsitektur Stirling menjadi lebih terang-terangan neoklasik, meskipun tetap sangat dijiwai dengan modernisme kuat direvisi nya. Ini menghasilkan gelombang dramatis cadang, skala besar proyek-proyek perkotaan, terutama tiga proyek museum penting di Jerman (untuk Düsseldorf, Köln, dan Stuttgart). Proyek-proyek ini dari tahun 1970-an menunjukkan kepadanya di puncak gaya matang. Memenangkan kompetisi desain untuk proyek Stuttgart - The Staatsgalerie Neue - ia memuat dasar konsep yang kuat dengan sejumlah besar hiburan arsitektur dan sindiran dekoratif, menyebabkan banyak yang melihatnya sebagai contoh postmodernisme - label yang kemudian terjebak, tetapi yang dia sendiri ditolak. Pada tahun 1981, ia dianugerahi Hadiah Pritzker terkenal. Setelah Staatsgalerie, Stirling menerima serangkaian komisi penting di Inggris - Galeri Clore untuk Koleksi Turner di Inggris Tate, London (1980-1987), Liverpool Tate (1984), dan No Fowl 1 di London (1986). Karya ini mengungkapkan minat khusus dalam ruang publik, dan makna yang fasad dan massa bangunan dapat mengasumsikan dalam konteks perkotaan dibatasi.

Bangunan terakhir yang akan diselesaikan, sementara Stirling masih hidup adalah serangkaian terdiri Markas B. Braun di Melsungen Jerman selesai pada tahun 1992. Proyek akhir ini rumit dan lainnya acknowledeged oleh para kritikus sebagai awal mungkin dari keberangkatan yang berpotensi penting dalam pekerjaan Stirlings itu, dipotong pendek oleh kematian prematur. Lewat tiba-tiba dianggap sebagai tragedi besar untuk arsitektur, arsitek Italia dan kritikus Vittorio Gregotti menulis dalam majalah "Casabella" bahwa "dari sekarang, semuanya akan lebih sulit".

Tepat sebelum kematiannya ia diberi gelar kebangsawanan (1992) yang sebagai roh pemberontak, dia hanya diterima dengan keengganan dengan alasan bahwa "mungkin baik untuk kantor". Sesuai dengan keinginannya, abunya dikuburkan dekat monumen di biara ini di Spitalfields Gereja Kristus

Setelah kematian Stirling pada tahun 1992, Michael Wilford yang pernah bekerja dengan dia sejak tahun 1960 dan menjadi mitra pada tahun 1971 melanjutkan praktek menyelesaikan pekerjaan yang tetap di dalam pipa dan telah ditinggalkan oleh Stirling pada berbagai tahap pembangunan. Berbagai bangunan selesai setelah ceroboh dan sering dikaitkan ke Stirling, seperti Universitas Negeri Musik dan Pertunjukan Seni Stuttgart, 1993-1994, atau No Fowl 1 di London, pada kenyataannya selesai dan dibangun oleh Wilford dan asistennya. Michael Wilford terus berlatih dengan rekannya di Stuttgart Manuel Schupp dengan judul Wilford Schupp Architekten. Para Stirling / Wilford lengkap kantor arsip itu dijual ke Pusat Kanada untuk Arsitektur di Montreal. Hadiah Stirling, hadiah tahunan Inggris untuk arsitektur sejak tahun 1996, bernama setelah dia.

Kedalaman budaya dan kekayaan kerja Stirling menarik perhatian dari semua kritikus utama dunia dan ahli teori dari Peter Eisenman kepada Charles Jencks, dan literatur memeriksa arsitektur nya sangat luas. Bagi mereka serius tertarik, titik awal yang terbaik untuk studi lebih lanjut adalah dua buku yang diterbitkan dari karya lengkap nya. Kedua buku kronologis mencakup setiap proyek dan menekankan visual, dengan ribuan foto sangat hati-hati direproduksi, gambar, dan model.

Sebagai bagian dari ekspansi di seluruh dunia dari awal praktik Stirling pada 1970, ia menyelesaikan empat bangunan yang signifikan di AS, semua struktur universitas yang menunjukkan tanggapan inventif ke pengaturan yang sudah ada kampus: tambahan untuk Sekolah Universitas Rice Arsitektur di Houston, Texas; Arthur M. Sackler Museum di Universitas Harvard (tambahan Museum Fogg) di Cambridge, Massachusetts; Pusat Schwartz untuk Seni Pertunjukan di Cornell University di Ithaca, New York, dan Perpustakaan Biological Sciences di University of California , Irvine.

1 komentar:

  1. bro terimakasih infonya bro berguna banget ini buat tugas makasih yak bro, sorry saya copas arsitek favorit saya :)

    BalasHapus

Terima Kasih Komentar Anda Tidak Menyinggung SARA

ANDA PENGUNJUNG KE :