Sabtu, 16 Juli 2011

Biografi : RICHARD ROGERS


Richard George Rogers, Baron Rogers dari Riverside CH Kt FRIBA FCSD (lahir 23 Juli 1933) adalah seorang arsitek Inggris terkenal karena desain nya modernis dan fungsionalis.

Rogers mungkin paling dikenal untuk karyanya pada Centre Pompidou di Paris, Lloyd Building dan Millennium Dome di London, dan The European Court of Human Rights di Strasbourg. Dia adalah pemenang Medali Emas RIBA, Thomas Jefferson Medal, yang RIBA Stirling Prize, Medali Minerva dan Pritzker Prize.

AWAL KARIR

Rogers lahir di Florence pada 1933 dan belajar di Architectural Association School of Architecture di London, sebelum lulus dengan gelar master dari Yale School of Architecture pada tahun 1962. Sementara belajar di Yale, Rogers bertemu sesama siswa Norman Foster. Sekembalinya ke Inggris, dia dan Foster mendirikan praktek arsitektur TEAM 4 dengan istri masing-masing, Su Brumwell dan Wendy Cheeseman. Mereka dengan cepat mendapatkan reputasi untuk apa yang kemudian disebut oleh media arsitektur berteknologi tinggi.

Pada 1967 Foster / Rogers berpisah dalam kenmitraan, tapi Rogers terus berkolaborasi dengan Su Rogers, bersama dengan John Young dan Laurie Abbott. Pada awal 1968 ia ditugaskan untuk merancang sebuah rumah dan studio untuk Spender Humphrey dekat Maldon, Essex, sebuah kubus kaca dibingkai dengan balok. Dia terus mengembangkan ide dari prefabrikasi dan kesederhanaan struktural untuk desain rumah Wimbledon untuk orangtuanya. Hal ini didasarkan pada ide-ide dari konseptual nya 'Zip Up' rumah, seperti penggunaan komponen standar berdasarkan panel lemari es untuk membuat bangunan hemat energi.

Rogers kemudian bergabung dengan arsitek Italia Renzo Piano, kemitraan yang telah membuktikan berbuah karya. Karirnya melompat maju ketika ia dan Piano memenangkan kompetisi desain untuk Pusat Pompidou pada bulan Juli 1971, bersama tim dari Ove Arup yang termasuk insinyur Irlandia Peter Rice.

Bangunan ini didirikan bermerek dagang Rogers mengungkap sebagian besar layanan bangunan (air, pemanasan dan saluran ventilasi, dan tangga) pada eksterior, meninggalkan ruang internal yang teratur dan terbuka bagi pengunjung untuk pameran seni pusat. Gaya, dijuluki "Bowellism" oleh beberapa kritikus, tidak universal populer pada saat pusat dibuka pada tahun 1977, tapi Centre Pompidou Tengara Paris dikagumi secara luas. Rogers ditinjau gaya dalam keluar dengan desain untuk membangun London Lloyd, selesai pada tahun 1986 - desain lain yang kontroversial yang sejak itu menjadikan terkenal dan khas dalam dirinya sendiri.

KARIR DI KEMUDIAN WAKTU

Setelah bekerja dengan Piano, Rogers mendirikan Richard Rogers Partnership bersama dengan Marco Goldschmied, Mike Davies dan John Young pada tahun 1977. Hal ini menjadi Rogers Stirk Harbour + Mitra pada tahun 2007. Perusahaan memiliki kantor di London, Barcelona, Madrid, dan Tokyo.

Rogers telah mengabdikan sebagian besar kariernya di kemudian hari dengan isu-isu yang lebih luas seputar arsitektur, urbanisme, keberlanjutan dan cara-cara yang digunakan kota. Satu ilustrasi awal pemikirannya adalah pameran di Royal Academy pada tahun 1986, berjudul "London As It Could Be", yang juga menampilkan karya James Stirling dan mantan mitra Rogers Norman Foster. Pameran ini membuat publik serangkaian proposal untuk mengubah area besar pusat kota London, kemudian diberhentikan sebagai tidak praktis oleh otoritas kota.

Pada tahun 1995 ia menjadi arsitek pertama untuk memberikan Reith Lectures tahunan, kemudian diadaptasi ke dalam buku Kota untuk Planet Kecil (Faber dan Faber: London 1997, ISBN 0-571-17993-2). Pada tahun 1998 ia mendirikan Satuan Tugas Perkotaan atas undangan pemerintah Inggris, untuk membantu mengidentifikasi penyebab penurunan perkotaan dan membangun visi keselamatan, vitalitas dan kecantikan untuk kota-kota Inggris. Karya ini menghasilkan kertas putih, Menuju Renaissance Perkotaan, menguraikan lebih dari 100 rekomendasi untuk desainer kota masa depan. Rogers juga melayani selama beberapa tahun sebagai ketua panel Greater London Authority untuk Arsitektur dan Perkotaan. Dia mengundurkan diri dari jabatan ini pada tahun 2009. Dia adalah Ketua Dewan Pengawas Yayasan Arsitektur. Dari tahun 2001 sampai 2008 ia penasihat pada arsitektur dan urbanisme untuk Walikota London Ken Livingstone, dia kemudian diminta untuk melanjutkan perannya sebagai penasihat oleh baru walikota Boris Johnson pada tahun 2008. Dia mundur dari jabatannya pada Oktober 2009. Rogers juga menjabat sebagai penasehat walikota Barcelona pada strategi perkotaan.

Di tengah kegiatan ekstra kurikuler, Rogers terus menciptakan karya kontroversial dan ikon. Mungkin yang paling terkenal ini, Millenium Dome, dirancang oleh praktek Rogers dalam hubungannya dengan perusahaan rekayasa Buro Happold dan selesai pada tahun 1999. Ini adalah subyek perdebatan politik dan publik sengit atas biaya dan isi dari pameran itu berisi, meskipun bangunan itu sendiri biaya hanya £ 43 juta.

Pada bulan Mei 2006 prakteknya Rogers 'dipilih sebagai arsitek Menara 3 dari World Trade Center yang baru di New York City, menggantikan World Trade Center tua yang hancur dalam serangan 11 September.

Beberapa rencana baru-baru ini Rogers 'telah gagal untuk turun tanah. Praktek ditunjuk untuk merancang pengganti untuk Perpustakaan Pusat di Eastside Birmingham, namun rencananya itu disimpan untuk alasan keuangan. City Park Gate, daerah yang berbatasan dengan tanah perpustakaan akan berdiri di, sekarang sedang dirancang oleh Ken Shuttleworth's MAKE Architects.

HONOR DAN PENGHARGAAN

Rogers meraih gelar kebangsawanan pada tahun 1981 dari Ratu Elizabeth II. Dia menciptakan Baron Rogers dari Riverside pada tahun 1996. Dia duduk sebagai rekan Buruh di House of Lords. Rogers diangkat Anggota Ordo para sahabat Kehormatan dalam daftar 2008 Ulang Tahun Honours.

Rogers dianugerahi Medali Emas RIBA Royal 1985 dan membuat Chevalier, L'Ordre National de la Legio d'honneur pada tahun 1986. Dia menerima Golden Lion untuk Lifetime Achievement di di Tampilkan 10 Architettura di Venezia. Pada tahun 2006, Richard Rogers Partnership dianugerahi Penghargaan Stirling untuk Terminal 4 dari Bandara Barajas, dan sekali lagi pada 2009 untuk Pusat Maggie di London. Pada tahun 2007 Rogers meraih Nobel dari Pritzker Architecture Prize - arsitektur kehormatan tertinggi. Dia dianugerahi Medali Minerva oleh Masyarakat Chartered Desainer pada tahun yang sama.

Rogers telah diberikan gelar kehormatan dari beberapa universitas, termasuk Alfonso X El Sabio Universitas di Madrid, Oxford Brookes University, University of Kent, Universitas Teknik Ceko di Praha dan Universitas Terbuka.

KONTROVERSI PALESTINA

Pada bulan Februari 2006, Rogers menjadi tuan rumah pertemuan perdana dari Arsitek dan Perencana organisasi kampanye untuk Keadilan di Palestina (APJP) di kantornya di London. Pada saat itu praktek telah memperoleh sejumlah proyek di New York, termasuk pembangunan kembali situs Silvercup Studios, sebuah masterplan untuk Waterfront East River dan komisi untuk ekspansi $ 1,7 miliar Jacob K. Javits Convention Centre di Manhattan. Rogers publik dipisahkan diri dari kelompok dalam beberapa minggu, bagaimanapun, mengikuti sentimen publik secara luas dinyatakan dari pro-Israel New York pemilih dan politisi, yang mengancamnya dengan hilangnya komisi bergengsi termasuk proyek-proyek di New York dan luar negeri. Dia mengumumkan pengunduran dirinya dengan pernyataan "Saya tegas meninggalkan Arsitek dan Perencana untuk Keadilan di Palestina dan telah ditarik hubungan saya dengan mereka."

Rogers pada pertama berkata dia memisahkan diri dari APJP karena tujuannya diterbitkan dan "mengingat boikot yang disarankan (perusahaan Israel) oleh beberapa anggota", meskipun APJP membantah itu mempromosikan seperti boikot. Rogers kemudian mengeras garis keturunannya, keluar dengan pernyataan membela hak Israel untuk membangun tembok pemisah tersebut. Dia menggambarkan konflik Israel-Palestina sebagai antara negara "teroris" dan "demokratis" satu dan mengatakan bahwa dia adalah "semua untuk negara demokratis".

KELUARGA


Rogers menikah dengan Rut Rogers, koki dan co-pemilik Restoran Café Sungai di London barat. Mereka memiliki dua putra bersama-sama, Roo dan Bo. Dia juga memiliki tiga putra, Ben, Zad dan Ab, dari pernikahan pertamanya kepada Su Brumwell. Dia memiliki sepuluh cucu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Komentar Anda Tidak Menyinggung SARA

ANDA PENGUNJUNG KE :