Loading...

Sabtu, 27 Agustus 2011

BIOGRAFI : Robert Venturi


Robert Charles Venturi, Jr (lahir 25 Juni 1925 di Philadelphia) adalah seorang arsitek Amerika, pendiri utama dari perusahaan Venturi, Scott Brown dan Associates, dan salah satu tokoh utama dalam arsitektur abad kedua puluh. Bersama dengan istrinya dan mitra, Denise Scott Brown, ia membantu membentuk cara yang arsitek, perencana dan pengalaman siswa dan berpikir tentang arsitektur dan lingkungan binaan Amerika. Bangunan mereka, perencanaan, tulisan teoritis dan pengajaran telah memberi kontribusi pada perluasan wacana. Venturi dianugerahi Penghargaan Pritzker dalam Arsitektur pada tahun 1991. Ia juga dikenal untuk coining pepatah "Kurang adalah membosankan" sebagai penangkal untuk diktum terkenal modernis Mies van der Rohe yang "Kurang adalah lebih". Venturi tinggal di Philadelphia dengan Denise Scott Brown. Mereka memiliki seorang putra, James Venturi.

PENDIDIKAN & PENGAJARAN
Venturi bersekolah di Akademi Episkopal di Merion, Pennsylvania. Ia lulus summa cum laude dari Universitas Princeton pada tahun 1947 dan menerima MFA nya ada pada tahun 1950. Program pendidikan di Princeton pada tahun-tahun ini merupakan faktor kunci dalam pengembangan Venturi dari pendekatan teori arsitektur dan desain yang menarik dari sejarah arsitektur di analitis, sebagai lawan gaya, istilah. Pada tahun 1951 ia sempat bekerja di bawah Eero Saarinen di Bloomfield Hills, Michigan, dan kemudian untuk Louis Kahn di Philadelphia. Dia dianugerahi Penghargaan Roma Fellowship di American Academy di Roma pada tahun 1954, di mana ia belajar dan melakukan tur Eropa selama dua tahun.

Dari tahun 1954 sampai 1965, Venturi memegang posisi mengajar di University of Pennsylvania, di mana ia menjabat sebagai asisten mengajar Kahn, instruktur, dan kemudian, sebagai profesor. Di sanalah, pada tahun 1960, bahwa ia bertemu sesama anggota fakultas, arsitek dan perencana Denise Scott Brown. Venturi diajarkan kemudian di Yale School of Arsitektur dan merupakan dosen tamu dengan Scott Brown pada tahun 2003 di Graduate School Harvard University Desain.

TULISAN
Seorang kritikus kontroversial arsitektur fungsionalis dan simbolis riang hampa modernisme perusahaan selama tahun 1950-an, Venturi telah dianggap kontra-revolusioner. Dia dipublikasikan "manifesto lembut," nya Kompleksitas dan Kontradiksi dalam Arsitektur pada tahun 1966, dijelaskan dalam pendahuluan oleh Vincent Scully untuk menjadi "mungkin tulisan paling penting pada pembuatan arsitektur sejak Le Corbusier" Une Vers Arsitektur ', tahun 1923. "Berasal dari kuliah kursus di University of Pennsylvania, Venturi menerima hibah dari Yayasan Graham pada tahun 1965 untuk membantu dalam penyelesaiannya. Buku ini menunjukkan, melalui banyak contoh, sebuah pendekatan untuk memahami komposisi arsitektur dan kompleksitas, dan kekayaan yang dihasilkan dan bunga. Menggambar dari sumber baik vernakular dan tinggi-gaya, Venturi memperkenalkan pelajaran baru dari bangunan arsitek akrab (Michelangelo, Alvar Aalto) dan kemudian dilupakan (Frank Furness, Edwin Lutyens). Dia membuat kasus untuk "seluruh sulit" daripada bentuk diagram yang populer pada saat itu, dan termasuk contoh-contoh baik dibangun dan belum direalisasi karyanya sendiri untuk menunjukkan aplikasi yang mungkin dari teknik diilustrasikan dalam. Buku ini telah diterjemahkan dan diterbitkan dalam 18 bahasa.

Setelah dipuji sebagai teori dan desainer dengan ide-ide radikal, Venturi pergi untuk mengajarkan serangkaian studio di Yale School of Arsitektur di pertengahan 1960-an. Yang paling terkenal dari hal tersebut adalah sebuah studio pada tahun 1968 di mana Venturi dan Scott Brown, bersama dengan Steven Izenour, memimpin tim mahasiswa untuk mendokumentasikan dan menganalisis Las Vegas Strip, mungkin subjek paling mungkin untuk sebuah proyek penelitian yang serius dibayangkan. Pada tahun 1972, Venturi, Scott Brown dan Izenour menerbitkan folio, Sebuah Signifikansi untuk Banyak Parkir A & P, atau Belajar dari Las Vegas kemudian direvisi pada tahun 1977 sebagai Belajar dari Las Vegas: yang Simbolisme Lupa Formulir Arsitektur menggunakan karya siswa sebagai foil untuk baru teori. Manifesto kedua ini merupakan teguran bahkan lebih menyengat modernisme ortodoks dan selera arsitektur elit. Buku ini diciptakan istilah "Bebek" dan "Dihiasi Shed" deskripsi dari dua cara dominan mewujudkan ikonografi dalam bangunan. Pekerjaan Venturi, Scott Brown Rauch dan mengadopsi strategi yang terakhir, memproduksi secara resmi sederhana "gudang dihiasi" dengan kaya, berkembang hias kompleks dan sering mengejutkan. Meskipun ia dan istrinya turut menulis buku beberapa tambahan di akhir abad, kedua telah terbukti paling berpengaruh.

ARSITEKTUR
Arsitektur Robert Venturi, meskipun mungkin tidak seperti sekarang akrab seperti buku-bukunya, membantu mengarahkan arsitektur Amerika jauh dari modernisme, secara luas dipraktekkan sering dangkal, pada tahun 1960 untuk pendekatan, desain yang lebih eksploratif, dan akhirnya eklektik yang secara terbuka menarik pelajaran dari sejarah arsitektur dan menanggapi dengan konteks sehari-hari dari kota Amerika. Bangunan venturi itu biasanya mendekatkan sistem arsitektur, elemen dan bertujuan, untuk mengakui konflik sering melekat dalam suatu proyek atau situs. Ini "inklusif" pendekatan kontras dengan upaya modernis khas untuk menyelesaikan dan menyatukan semua faktor secara lengkap dan terstruktur secara kaku dan bekerja mungkin kurang fungsional dan sederhana seni. Keberagaman pada bangunan dari awal karir Venturi yang ditawarkan alternatif mengejutkan untuk praktek arsitektur saat itu, dengan bentuk "murni" (seperti Penn Utara Mengunjungi Markas Perawat), asimetri tampaknya kasual (seperti pada Vanna Venturi House), dan pop-gaya supergraphics dan geometri (misalnya, Rumah Lieb).

Venturi menciptakan perusahaan Venturi dan pendek dengan William Pendek pada tahun 1960. Setelah John Rauch diganti pendek sebagai mitra pada tahun 1964, Nama perusahaan berubah menjadi Venturi dan Rauch. Venturi menikah Denise Scott Brown pada 23 Juli 1967 di Santa Monica, California, dan pada tahun 1969, Scott Brown bergabung dengan perusahaan sebagai mitra yang bertanggung jawab atas perencanaan. Pada tahun 1980, Nama perusahaan menjadi Venturi, Rauch dan Scott Brown, dan setelah pengunduran Rauch di tahun 1989, Venturi, Scott Brown dan Associates. Perusahaan, yang berbasis di Philadelphia, dianugerahi Penghargaan Kantor Arsitektur oleh Institut Arsitek Amerika pada tahun 1985. Karya terbaru telah memasukkan banyak komisi dari lembaga akademis, termasuk perencanaan bangunan kampus dan universitas, dan bangunan sipil di London, Toulouse dan Jepang.

Arsitektur venturi telah memiliki pengaruh di seluruh dunia, dimulai pada tahun 1960 dengan penyebaran atap yang rusak-atap pelana dari Vanna Venturi House dan jendela melengkung dan program segmentally serangkaian terganggu Guild House. Variasi bermain pada tipe rumah vernakular terlihat di Rumah Trubeck dan Wislocki menawarkan cara baru untuk merangkul, tetapi mengubah, bentuk familiar. Pola fasad dari Oberlin Art Museum dan bangunan laboratorium menunjukkan pemulihan permukaan vertikal bangunan yang baik dekoratif (postmodern) dan jujur ​​(modern). Pekerjaan venturi bisa dibilang memberikan pengaruh utama pada waktu penting dalam karir arsitek Robert AM Stern, Philip Johnson, Michael Graves, Graham dan James Stirling Gund, antara lain.

Venturi adalah Anggota dari American Academy di Roma, American Institute of Architects, American Academy of Arts dan Sastra dan Fellow Kehormatan dari Royal Institute of Architects Inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Komentar Anda Tidak Menyinggung SARA

ANDA PENGUNJUNG KE :