Jumat, 17 Februari 2012

BIOGRAFI Christian de Portzamparc


Christian de Portzamparc (lahir 5 Mei 1944 di Casablanca, Maroko) adalah arsitek Perancis dan Urbanis. Dia lulus dari École Nationale des Beaux Arts di Paris pada tahun 1970 dan telah dicatat untuk desain yang berani dan sentuhan artistik; proyeknya mencerminkan sensibilitas untuk lingkungan mereka dan kota itu adalah seorang kepala pendiri karyanya. Ia memenangkan Hadiah Pritzker tahun 1994.

KARIR
Christian de Portzamparc lahir di Casablanca pada 1944, dan lulus dari School of Fine Arts di Paris pada 1970. Dia menciptakan lembaganya pada tahun 1980, didukung oleh Marie-Elisabeth Nicoleau, Étienne Pierres dan Bertrand Beau, dan kemudian disambut Bruno Durbecq, Céline Barda, Lea Xu, André Terzibachian dan Clovis Cunha. Berbasis di Paris, badan memiliki 'satelit' kantor di dekat lokasi pembangunan, di samping kantor di New York dan Rio de Janeiro, dan merupakan tim 80 orang, yang diambil dari segala penjuru dunia.

Keduanya arsitek dan perencana perkotaan, Christian de Portzamparc terlibat dalam penelitian bentuk dan makna, serta menjadi sebuah constructer. Karyanya berfokus pada penelitian lebih spekulasi dan menyangkut kualitas hidup; estetika dikondisikan oleh etika, dan dia menyatakan bahwa kita memiliki satu terlalu sering dipisahkan dari yang lain. Christian de Portzamparc berfokus pada semua skala konstruksi, dari bangunan sederhana untuk perkotaan berpikir ulang; kota adalah pendiri utama dari karyanya, berkembang secara paralel dan silang sepanjang tiga baris utama: lingkungan atau kota buah, bangunan individu dan pencakar langit.

Pertumbuhan proyek-proyek perkotaan Christian de Portzamparc melalui kompetisi dan studi menimbulkan suatu evolusi dari metode, hasil praktis dari penelitian teoritis dan analisis. Visi diperbaharui struktur perkotaan, yang bernama blok "terbuka" di 80, dapat dilihat hari ini melalui proyek-proyek seperti Masséna Quartier - Seine Rive Gauche (sejak 1995), seluruh lingkungan dari Paris, dan di La Lironde (sejak 1991), di selatan Perancis, yang keduanya menggambarkan tuannya perencanaan dan teknik koordinasi.

Bangunan ikonik Christian de Portzamparc itu, tiang perkotaan tarik-menarik, menciptakan lingkungan dimana interior dan eksterior saling merasuk ruang, bekerja sebagai katalis dalam Cityscape dinamika. Metode berfungsi datang ke dalam bermain dalam program-program budaya yang besar, sering didedikasikan untuk tari dan musik, contoh yang terbaru yang mencakup 1.500 kursi philharmonic hall, 300 kursi ruang aula dan 120 kursi elektro-akustik ruang di Luksemburg, selesai pada tahun 2005, ditambah 1.800 kursi ruang konser yang unik yang berubah menjadi sebuah opera 1.300 kursi rumah, yang sedang dibangun, antara ruang musik lainnya, sebagai bagian dari proyek Cidade da Música di Rio de Janeiro, Brasil.

Menara diciptakan oleh Christian de Portzamparc miliki, sejak awal, merupakan hasil dari studinya dari dimensi vertikal dan patung, berkonsentrasi pada bentuk prismatik, contoh yang paling diakui satunya adalah Menara LVMH dibuat pada tahun 1995 di New York, Amerika Serikat , yang de Portzamparc menerima banyak penghargaan, akan segera disertai dengan menara residensial pada 400 Taman jalan di Manhattan, yang situs yang akan dimulai pada tahun 2010.

Pada tahun 1994 Christian de Portzamparc menjadi arsitek Perancis pertama yang mendapatkan "Hadiah Pritzker Arsitektur" bergengsi, pada usia 50. Pada tahun 2006, College de Perancis menciptakan sebuah kursi ke-53 didedikasikan 'kreasi seni', dan meminta Christian de Portzamparc menjadi penghuni pertama. Hari ini, dia terus bekerja penelitiannya melalui proyek-proyek yang sedang berlangsung di seluruh dunia, mengungkapkan kesegaran nya, kesenangan dan gairah melalui perfeksionisme yang ditandai karyanya dari awal.
(wikipedia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Komentar Anda Tidak Menyinggung SARA

ANDA PENGUNJUNG KE :