Sabtu, 04 Juni 2011

Biografi : Gottfried Böhm

Gottfried Bohm (lahir 23 Januari 1920) adalah arsitek kontemporer Jerman.

Bohm dilahirkan dalam sebuah keluarga arsitek di Offenbach, Hessen. Ayahnya, Dominikus Bohm, terkenal karena telah membangun beberapa gereja di seluruh Jerman. Kakeknya juga seorang arsitek. Setelah lulus dari Universitas Teknik Munich pada tahun 1946, dia belajar di akademi seni patung. Setelah 1947, Bohm bekerja untuk ayahnya sampai meninggal dunia pada tahun 1955. Bohm kemudian mengambil alih perusahaan. Selama periode ini, ia juga bekerja dengan "Society for the Reconstruction of Cologne (Masyarakat untuk Rekonstruksi Cologne)" di bawah Rudolf Schwarz. Pada tahun 1951 ia pergi ke New York City, di mana ia bekerja selama enam bulan di firma arsitektur Cajetan Baumann. Sementara perjalanan di Amerika dia bertemu dua inspirasinya terbesar, arsitek Jerman, Ludwig Mies van der Rohe dan Walter Gropius.

Dekade berikutnya Bohm membangun banyak bangunan di sekitar Jerman, termasuk gereja, museum, pusat masyarakat, bangunan kantor, rumah, dan apartemen. Dia telah dianggap baik seorang arsitek ekspresionis dan pasca-Bauhaus, tetapi ia lebih suka mendefinisikan dirinya sebagai seorang arsitek yang menciptakan "koneksi" antara masa lalu dan masa depan, antara dunia ide dan dunia fisik, antara bangunan dan kota sekitarnya. Dalam hal ini, Bohm selalu membayangkan warna, bentuk, dan bahan bangunan dalam hubungan dengan rancangannya. Proyek sebelumnya dilakukan kebanyakan di beton dibentuk, tetapi baru-baru ini ia telah mulai menggunakan lebih banyak baja dan kaca di gedung-gedung itu, karena kemajuan teknis di kedua bahan. Keprihatinannya bagi perencanaan kota yang jelas dalam banyak proyeknya, sekali lagi menunjukkan perhatiannya terhadap "koneksi".

Bohm memenangkan Medaille Grande d'Or de l'Academie d'Arsitektur, yang Preis Schumacher Fritz di Hamburg (1985), dan Pritzker Architecture Prize (1986).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Komentar Anda Tidak Menyinggung SARA

ANDA PENGUNJUNG KE :