Loading...

Selasa, 07 Juni 2011

Biografi : Rafael Moneo


José Rafael Moneo Valles (lahir 9 Mei 1937) adalah arsitek Spanyol. Ia dilahirkan di Tudela, Spanyol, dan memenangkan Hadiah Pritzker untuk arsitektur pada tahun 1996. Ia belajar di ETSAM, Technical University of Madrid (UPM), dimana ia menerima gelar arsitektur di tahun 1961. Dari tahun 1958-1961 ia bekerja di kantor di Madrid dari arsitek Francisco Javier Sáenz de Oiza. Dia telah mengajar arsitektur di berbagai lokasi di seluruh dunia dan 1985-1990 menjabat ketua dari Harvard Graduate School of Design, dia adalah Profesor Arsitektur pertama Josep Lluis Sert . Ia menjadi Akademik Numerary di Academia de Bellas Artes de San Fernando di Madrid bulan Mei 1997.

Konstruksi Spanyol desainnya meliputi renovasi Istana Villahermosa (Thyssen-Bornemisza Museum) di Madrid, Museum Nasional Roman Art di Merida, perluasan stasiun kereta api Atocha Madrid, Diestre Pabrik di Zaragoza, Pilar dan Joan Miró Foundation Majorca di markas besar Bankinter (Madrid), Town Hall di Logroño. Dia kemudian merancang Murcia Town Hall. Karya-karyanya terbaru adalah perluasan Museum Prado dan Bank of Spanyol, untuk reproduksi hampir sepenuhnya mimesis dari bangunan yang ada.

Beberapa karya Moneo terkemuka di AS termasuk Katedral Our Lady of Angels di Los Angeles, Davis Art Museum di Wellesley College di Massachusetts dan Audrey Jones Beck Bangunan (perluasan Museum of Fine Arts, Houston). Moneo juga merancang Center Chace, gedung baru untuk Islandia Rhode School of Design. Pekerjaan Moneo yang terbaru adalah Northwest Corner Bangunan (dahulu Antar Ilmu Bangunan) di Universitas Columbia di New York City, yang pertama kali dibuka pada bulan Desember 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Komentar Anda Tidak Menyinggung SARA

ANDA PENGUNJUNG KE :