Selasa, 03 Mei 2011

Biografi Aldo Rossi

Aldo Rossi (3 Mei 1931 - September 4, 1997) adalah seorang arsitek Italia dan desainer yang menyelesaikan feat biasa mencapai pengakuan internasional di empat bidang yang berbeda: teori, gambar, arsitektur dan desain produk.

Kehidupan
Rossi lahir di Milan, Italia. Pada tahun 1949 ia mulai belajar arsitektur di Politecnico di Milano di mana ia lulus pada tahun 1959. Sudah pada tahun 1955 ia mulai menulis untuk majalah Casabella, di mana ia menjadi editor antara 1959-1964.

Pekerjaan
Karya-karyanya yang paling awal tahun 1960 sebagian besar teoritis dan ditampilkan secara simultan pengaruh modernisme Italia tahun 1920 (lihat Giuseppe Terragni), pengaruh klasik arsitek Adolf Loos Wina, dan refleksi dari pelukis Giorgio De Chirico. Sebuah perjalanan ke Uni Soviet untuk belajar arsitektur Stalinis juga meninggalkan kesan ditandai.

Dalam tulisan-tulisannya Rossi mengkritik kurangnya pemahaman kota dalam praktek arsitektur saat ini. Dia berpendapat bahwa sebuah kota harus dipelajari dan dihargai sebagai sesuatu yang dibangun dari waktu ke waktu; kepentingan tertentu artefak kota yang menahan berlalunya waktu. Rossi menyatakan bahwa kota mengingat masa lalu ("memori kolektif" kita), dan bahwa kita menggunakan memori melalui monumen, yaitu monumen memberi struktur ke kota.

Ia menjadi sangat berpengaruh di akhir 1970-an dan 1980-an sebagai tubuhnya kerja dibangun diperluas dan teori-teorinya dipromosikan dalam buku-bukunya The Arsitektur Kota (L'architettura della Città, 1966) dan A Otobiografi Ilmiah (Autobiografia scientifica, 1981).

Aldo Rossi meninggal dalam kecelakaan mobil pada bulan September 1997 di Milan.

Pergerakan Neo-Rationalist
Rossi dianggap sebagai salah Satu pendiri Gerakan Neo-Rasionalis Yang dikenal sebagai La Tendenza. Pengaruhnya KESAWAN membentuk pemikiran arsitektur eropa selama periode Suami Sering dibandingkan Artikel Baru Robert Venturi di amerika Serikat. Seiring Artikel Baru Venturi, Rossi menjadi salah Satu contoh arsitektur Utama Yang diberikan Dibuat kritikus Charles Jencks arsitektur postmodern. TAPI Suami karakterisasi Rossi Duduk Aneh latar belakang Artikel Baru urbanisme di eropa dan gagasannya untuk memajukan pandangan modernisme.

Penghargaan
Dia memenangkan Pritzker Prize bergengsi untuk arsitektur pada tahun 1990. Ada Louise Huxtable, kritikus arsitektur dan juri Pritzker, menggambarkan Rossi sebagai "seorang penyair yang kebetulan arsitek."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Komentar Anda Tidak Menyinggung SARA

ANDA PENGUNJUNG KE :