Senin, 02 Mei 2011

Biografi Gordon Bunshaft

Gordon Bunshaft (9 Mei 1909 - 6 Agustus 1990) adalah seorang arsitek abad ke-20 dididik di Institut Teknologi Massachusetts. Pada tahun 1988, Gordon Bunshaft dirinya dinominasikan untuk Penghargaan Pritzker dan akhirnya menang.

Karir
Lahir di Buffalo, New York di mana dia menghadiri Lafayette High School, sebuah bangunan arsitektural yang signifikan, Bunshaft adalah seorang modernis awal yang mempengaruhi termasuk Mies van der Rohe dan Le Corbusier. Desainnya yang paling terkenal adalah House Lever, dibangun sebagai kantor pusat perusahaan untuk perusahaan sabun Lever Brothers. Desainnya bagi Pabrikan Hanover Trust Bank Cabang (1953), bank pasca Perang Dunia I 'transparan' di pantai timur, adalah permata modernis.

Bunshaft bekerja dengan Edward Durell Stone, bekerja tiga bulan untuk desainer industri Raymond Loewy, yang dianggapnya palsu, dan akhirnya menjadi partner di kantor New York dari perusahaan muda Skidmore, Owings and Merrill.

Hanya Bunshaft keluarga tunggal tinggal adalah 2300 kaki persegi (210 m²) travertine House, dibangun untuk keluarganya sendiri. Pada kematiannya ia meninggalkan rumah untuk MoMA, yang dijual ke Martha Stewart pada tahun 1995. Renovasi luas nya terhenti di tengah sengketa perencanaan sengit dengan tetangga, dan ketika ia menjual rumah untuk pengusaha tekstil Donald Maharam pada tahun 2005 ia menggambarkan rumah sebagai "bobrok dan sebagian besar bisa diperbaiki" dan menghancurkan itu.

Pada tahun 1950, Bunshaft dipekerjakan oleh Kantor Departemen Luar Negeri Luar Negeri Kegiatan sebagai kolaborator pada desain untuk US beberapa konsulat di Jerman.

Pendekatan minimalisnya melampaui arsitektur nya. Setelah menerima Penghargaan Pritzker tahun 1988, dimana ia dinominasikan sendiri, ia memberikan pidato terpendek pemenang apapun dalam sejarah penghargaan itu, menyatakan: "Pada tahun 1928, saya memasuki Sekolah MIT Arsitektur dan memulai perjalanan arsitektur saya Hari ini, 60 tahun. kemudian, aku sudah diberi Pritzker Architecture Prize yang saya mengucapkan terima kasih kepada keluarga Pritzker dan anggota terkemuka panitia seleksi untuk menghormati saya dengan ini penghargaan bergengsi Ini adalah batu penjuru kehidupan saya di arsitektur.. Itu saja. "

Makalah pribadi Bunshaft adalah diselenggarakan oleh Departemen Gambar & Arsip di Avery Arsitektur dan Seni Rupa Perpustakaan di Columbia University; gambar arsitektur nya tetap dengan SOM. Ia dimakamkan di samping istri dan orang tua di kuburan Temple Beth El di Pine Ridge Road di Buffalo, New York.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Komentar Anda Tidak Menyinggung SARA

ANDA PENGUNJUNG KE :