Selasa, 03 Mei 2011

Biografi Elisio Eduardo Souto de Moura

Elisio Eduardo Souto de Moura Machado lahir 25 Juli 1952, lebih dikenal sebagai Eduardo Souto de Moura, adalah seorang arsitek Portugis. Anak dokter José Alberto Souto de Moura dan istri Maria Teresa Ramos Machado, dia adalah saudara dari José Souto de Moura, mantan Jaksa Agung 9 Portugal. Seiring dengan Fernando Távora dan Álvaro Siza, ia adalah salah satu referensi dari Porto Sekolah Arsitektur, di mana ia diangkat Profesor. Souto de Moura dianugerahi Pritzker Architecture Prize pada tahun 2011.

Kehidupan & Karir
Souto de Moura lahir di Porto, dan belajar patung sebelum beralih ke arsitektur di School of Fine Arts dari University of Porto, yang FAUP saat ini - Faculdade de Arquitectura da Universidade lakukan Porto, dan memperoleh gelar di bidang 1980. Dari 1974 sampai 1979 ia bekerja dengan Álvaro Siza Vieira saat latihan arsitektur, yang mendorong dia untuk memulai perusahaan sendiri. Beliau memulai karirnya sebagai seorang arsitek independen pada 1980, setelah memenangkan kompetisi desain untuk Casa das Artes, pusat budaya dengan auditorium dan galeri pameran di taman-taman sebuah rumah neo-klasik, di kota kelahirannya Porto. Namun, Souto de Moura berkolaborasi dengan Siza di paviliun Portugis di Expo 2000 di Hannover, Jerman, dan tahunan musim panas Serpentine Galeri paviliun pada tahun 2004.

komisi awal Souto de Moura's adalah rumah tinggal sering sederhana, terutama di negara asalnya. Kemudian, ia ditugaskan dengan pusat-pusat perbelanjaan, sekolah, galeri seni, dan bioskop, di negara-negara termasuk Spanyol, Italia, Jerman, Inggris, dan Swiss. Antara 1989 dan 1997, Souto de Moura selama delapan tahun pada pemulihan Santa Maria melakukan Bouro, setengah-hancur biara abad ke-12 di Amares, mengubahnya menjadi sebuah Pousada.

Dari tahun 1981 sampai 1990, Souto de Moura adalah asisten profesor di almamaternya, dan kemudian diangkat Profesor di Fakultas Arsitektur dari University of Porto. Dia telah mengunjungi profesor di sekolah-sekolah arsitektur Jenewa, Paris-Belleville, Harvard University, Dublin, ETH Zurich dan Lausanne, dan telah berpartisipasi dalam berbagai seminar dan diberi banyak kuliah baik di Portugal dan luar negeri. Karyanya telah muncul di berbagai publikasi dan pameran.

Penghargaan
Pada tanggal 28 Maret 2011, diumumkan bahwa Moura adalah pemenang Hadiah Pritzker 2011, penghargaan tertinggi arsitektur. Dia adalah arsitek Portugis kedua untuk memenangkan kehormatan, setelah Álvaro Siza. Hadiah seharusnya disajikan pada bulan April di Washington DC tapi pemenang itu prematur dibocorkan oleh sebuah organisasi berita Spanyol. Penghargaan ini diberikan untuk karyanya termasuk Stadion Municipal de Braga, Menara Burgo di Porto dan Paula Rego Museum di Cascais.

Dia telah juga diberikan: yang António de Almeida hadiah Foundation; yang Antero de Quental Yayasan hadiah, hadiah pertama dalam Kompetisi untuk Pemulihan Giraldo Square di Évora, Portugal; hadiah pertama dalam Kompetisi untuk Pavilions CIAC, pertama hadiah dalam Kompetisi untuk Hotel di Salzburg, Austria, hadiah pertama dalam "IN / ARCH 1990 untuk Sisilia" Persaingan; Hadiah Secil untuk Arsitektur, hadiah kedua dalam "Arsitektur dan Batu" kompetisi ide; menyebutkan terhormat untuk nya Miramar House di Secil Arsitektur Hadiah; menyebutkan terhormat untuk kedua Budaya Pusat SEC dan DPR Alcanena dalam Arsitektur Hadiah Nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Komentar Anda Tidak Menyinggung SARA

ANDA PENGUNJUNG KE :