Senin, 09 Mei 2011

Biografi Alvaro Siza

Joaquim de Melo Álvaro Siza Vieira, adalah seorang arsitek Portugis kontemporer, lahir 25 Juni 1933 di Matosinhos sebuah kota pantai kecil Porto. Dia secara internasional dikenal sebagai Álvaro Siza.

Riwayat Hidup & Karir
Ia lulus arsitektur tahun 1955, di School of Fine Arts University of Porto, FAUP yang saat ini bernama Faculdade de Arquitectura da Universidade Porto. Ia menyelesaikan karya pertama yang dibangunnya (empat rumah di Matosinhos) bahkan sebelum mengakhiri studinya pada tahun 1954, tahun yang sama bahwa ia pertama kali membuka praktik pribadinya di Porto. Siza Vieira mengajar di sekolah dari 1966-1969, kembali pada tahun 1976. Selain mengajar di sana, ia telah menjadi profesor tamu di Graduate School of Design, Harvard University, University of Pennsylvania; Los Andes Universitas Bogota, dan École Polytechnique Fédérale de Lausanne.

Seiring dengan Fernando Távora, ia adalah salah satu referensi dari Sekolah Porto Arsitektur di mana kedua adalah guru. Kedua arsitek bekerja sama antara tahun 1955 dan 1958. Arsitek lain ia telah berkolaborasi dengan adalah Eduardo Souto de Moura, misalnya di paviliun utama Portugal di Expo 98 di Lisbon dan Expo 2000 di Hannover, serta di Pavillon Serpentine 2005. Pekerjaan Siza adalah sering digambarkan sebagai "modernisme puitis"; ia sendiri telah memberikan kontribusi untuk publikasi pada Luis Barragan.

Di antara karya-karya Siza paling awal adalah sebuah kompleks kolam renang umum ia ciptakan pada tahun 1960 untuk Leça da Palmeira, sebuah kota nelayan dan resor musim panas di utara Porto. Pada tahun 1977, setelah revolusi di Portugal, pemerintah Kota Évora Siza ditugaskan untuk merencanakan sebuah proyek perumahan di pedesaan pinggiran kota. Itu menjadi salah satu dari beberapa yang ia akan lakukan untuk Saal (Servicio de apoio Ambulatorio Lokal), asosiasi nasional perumahan, terdiri dari 1.200 berbiaya rendah, unit rumah satu lantai dan beberapa rumah baris dua lantai, semua dengan halaman. Dia juga anggota tim yang direkonstruksi Chiado, pusat bersejarah kota Lisbon yang hancur oleh kebakaran pada tahun 1988.

Sebagian besar karya terbaik dikenal berlokasi di kota kelahirannya Porto: Boa Nova Tea House (1963), Fakultas Arsitektur (1987-1993), dan Museum Seni Kontemporer Serralves (1997). Sejak pertengahan 1970-an, Siza telah terlibat dalam berbagai desain untuk perumahan rakyat, kolam renang umum, dan universitas. Antara tahun 1995 dan 2009, Siza telah bekerja pada sebuah museum arsitektur di pulau Hombroich, diselesaikan bekerjasama dengan Rudolf Finsterwalder. Baru-baru ini, ia mulai mengkoordinasikan rehabilitasi monumen dan warisan arsitektonis dari Cidade Velha (Old Village) di Santiago, sebuah pulau Cape Verde.

Pengakuan
Pada tahun 1987, dekan Harvard Graduate School of Design, arsitek Spanyol José Rafael Moneo, mengorganisir pertunjukan pertama karya Siza di Amerika Serikat. Pada tahun 1992, ia dianugerahi dengan Penghargaan Pritzker terkenal untuk proyek renovasi bahwa ia terkoordinasi di daerah Chiado Lisbon, sektor komersial bersejarah yang semua tapi hancur oleh kebakaran pada bulan Agustus 1988.

Hadiah lainnya termasuk: The Golden Medal of The Counsil Tinggi Arquitecture dari College of Arsitek Madrid pada tahun 1988; Mies van der Rohe Award untuk Arsitektur Eropa, Prince of Wales Hadiah di Daerah Perkotaan Desain dari Harvard University, dan Alvar Aalto Medal pada tahun 1988; Prize Portugal Nasional Arsitektur 1993; W. Arnold Memorial Prize Brunner oleh American Academy of Seni dan Sastra dan Imperiale Praemium pada tahun 1998, Wolf Prize di Seni pada tahun 2001, Hadiah Urbanisme Grand Khusus Perancis 2005 .

Siza's Iberê Camargo Foundation di Porto Alegre, proyek pertama yang dibangun di wilayah Brasil, dihormati oleh Arsitektur Venice Biennale dengan penghargaan Golden Lion pada tahun 2002. Pada tahun 2007 Pemerintah Brasil diberikan kepadanya Kebudayaan Merit Medal Order. Baru-baru ini ia dianugerahi 2009, RIBA Royal Gold Medallist.

Siza telah diberikan gelar Doctor Honoris Causa oleh universitas-universitas berikut:
Politeknik Universitas Valencia;
École Polytechnique Fédérale de Lausanne;
Universitas Palermo;
Universitas Menendez Pelayo, di Santander, Universidad Nacional de Ingeniería di Lima, Peru;
Universitas Coimbra;
Lusíada Universitas;
Universidade Federal de Paraíba,
Università degli Studi di Napoli Federico II,
Pollo delle Scienze e delle Tecnologie, dalam Naple,
Universitas Arsitektur dan Urbanisme dari Bucarest "Ion Mincu", Romenia (2005),
dan Universitas Teknik di Pavia, Italia (2007).

Dia adalah anggota American Academy of Arts dan Ilmu Pengetahuan serta Kehormatan Fellow dari Royal Institute of British Architects, American Institute of Architects, Académie d'Architecture de France dan Akademi Ilmu Pengetahuan Eropa dan Seni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Komentar Anda Tidak Menyinggung SARA

ANDA PENGUNJUNG KE :