Sabtu, 07 Mei 2011

Biografi Luis Barragán


Luis Barragan Morffn (Guadalajara, 9 Maret 1902 - Mexico City, 22 November 1988) dianggap sebagai arsitek Meksiko yang paling penting dari abad ke-20 dan dilatih diri.

Riwayat Hidup
Terdidik sebagai seorang insinyur, ia lulus dari Escuela Gratis de Ingenieros di Guadalajara pada tahun 1923 dan telah dilatih diri sebagai arsitek.

Setelah lulus, ia melakukan perjalanan melalui Spanyol, Perancis (di mana dia menghadiri kuliah dari Le Corbusier), dan Maroko. Sementara di Prancis ia menjadi sadar akan tulisan-tulisan Ferdinand Bac, seorang penulis Jerman-Perancis, desainer dan artis yang memiliki pengaruh besar pada karir di masa depan Barragan's. Dia berlatih arsitektur di Guadalajara from 1927-1936, dan di Mexico City sesudahnya.

Karir
Guadalajara karyanya meliputi lebih dari selusin rumah pribadi di daerah Colonia Americana dari apa yang saat ini dekat pusat kota Guadalajara. Rumah-rumah, dalam jarak berjalan kaki satu sama lain, termasuk proyek awal Barragan's perumahan. Gedung pertama Nya (Casa Cristo) kini dipulihkan dan rumah Arsitek 'negara Guild.

Proyek- Proyek Utama
Pada 1945 ia merencanakan dan membangun Jardines del Pedregal. Pada tahun 1947 ia membangun rumah sendiri dan studio di Tacubaya dan pada tahun 1955 ia membangun kembali Convento de las Capuchinas Sacramentarias di Tlalpan, Mexico City, dan rencana untuk Jardines del Bosque di Guadalajara. Pada tahun 1957 ia merencanakan Torres de Satélite (yang ikonik menara ia diciptakan dalam kolaborasi dengan pematung Mathias Goeritz) dan daerah perumahan eksklusif, Las Arboledas, beberapa kilometer dari Ciudad Satélite. Pada tahun 1964 ia merancang, bersama arsitek Juan Sordo Madaleno, yang Lomas Verdes daerah perumahan, juga dekat daerah Satélite, di kotamadya Naucalpan de, Estado México. Pada tahun 1967 dia menciptakan salah satu karya terbaik diketahui, San Cristobal Estates pembangunan berkuda di Mexico City.

Barragan dan Gerakan Modernisme
Barragan dihadiri oleh Le Corbusier kuliah dan menjadi dipengaruhi oleh modernisme Eropa. Bangunan-bangunan yang diproduksi dalam tahun-tahun setelah kembali ke Mexicos menunjukkan, garis-garis khas yang bersih dari gerakan Modernisme. Meskipun demikian, menurut Andrés Casillas (yang bekerja dengan Barragan), dia akhirnya menjadi sepenuhnya yakin bahwa rumah tidak boleh "mesin untuk hidup." Menentang fungsionalisme, Barragan berjuang untuk sebuah "arsitektur emosional" mengklaim bahwa "setiap karya arsitektur yang tidak mengekspresikan ketenangan adalah sebuah kesalahan." Barragan selalu menggunakan bahan baku seperti batu atau kayu. Ia menggabungkan mereka dengan menggunakan nya sangat kreatif cahaya.

Tanda Kehormatan
Barragan bekerja selama bertahun-tahun dengan sedikit pengakuan atau pujian sampai 1975 ketika ia dihormati dengan retrospektif di Museum of Modern Art di New York. Pada tahun 1980, ia menjadi pemenang kedua Penghargaan Pritzker. Rumah-Nya dan studio, dibangun pada tahun 1948 di Mexico City, telah tercatat sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2004.

Pengaruh
Pekerjaan Luis Barragan sering (dan menyesatkan) dikutip dalam referensi ke arsitektur minimalis. John Pawson, dalam bukunya Minimum, termasuk gambar dari beberapa proyek Barragan's. Kebanyakan arsitek arsitektur minimalis yang tidak menggunakan warna, tetapi ide bentuk dan ruang yang dipelopori Barragan masih ada. Ada beberapa esai ditulis oleh penerima Pritzker Prize Alvaro Siza dalam pengantar untuk buku-buku yang mengacu pada ide-ide dari Barragan juga.

Ini juga telah menyarankan bahwa Barragan informal berkonsultasi Louis Kahn di ruang antara bangunan Salk Institute di La Jolla, California. Menurut pernyataan itu, ide asli Kahn adalah untuk menempatkan taman antara bangunan, namun, Barragan konon menyarankan bahwa plaza terbuka, dengan hanya fitur air di antara, lebih baik akan mencerminkan semangat lokasi. Daerah ini, mungkin dirancang dengan nasihat Barragan di pikiran, ini bisa dibilang aspek yang paling mengesankan dari kompleks bangunan.

Barragan pengaruh juga dapat dilihat dalam karya dari banyak arsitek kontemporer Meksiko, seperti Ricardo Legorreta.

Warisan
Setelah kematiannya pada tahun 1988, dua organisasi nirlaba diciptakan untuk membantu mengelola warisan Barragan's.

Fundación de Arquitectura Tapatía yang memiliki (dalam kepemilikan bersama dengan Pemerintah Negara Bagian Jalisco) bekas kediaman pribadi Luis Barragan's. Rumah ini sekarang menjadi museum yang merayakan Barragan dan juga berfungsi sebagai penghubung antara ulama dan arsitek tertarik mengunjungi bangunan lain Barragan di Meksiko, termasuk Capilla de las Capuchinas dan Casa Prieto López. Seperti dijelaskan sebelumnya, UNESCO menambahkan Casa Luis Barragan kepada para Daftar Warisan Dunia pada tahun 2004.

Barragan Foundation adalah organisasi non profit yang berbasis di Swiss yang dibeli beberapa arsip Barragan ketika pemerintah Meksiko tidak dapat melindunginya dari diekspor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Komentar Anda Tidak Menyinggung SARA

ANDA PENGUNJUNG KE :