Rabu, 04 Mei 2011

Biografi GLENN MURCUTT

iMarcus Glenn Murcutt AO (lahir 25 Juli 1936) adalah seorang arsitek Australia kelahiran Inggris dan pemenang Pritzker Prize tahun 2002 dan 2009 AIA Gold Medal.

Murcutt lahir di London dengan orangtua Australia. Dia dibesarkan di Provinsi Morobe Papua New Guinea, di mana ia mengembangkan penghargaan sederhana, arsitektur vernakular. Ia dididik di Manly Boys 'High School dan belajar arsitektur di Sydney Technical College, dan lulus pada 1961, dan ia menjadi teman siswa terkemuka, termasuk direktur Jim Sharman, teater desainer Brian Thomson dan produser film Matt Carroll. Pengalaman kerja awal Murcutt itu dengan berbagai arsitek, seperti Neville Gruzman, Ken Woolley dan Bryce Mortlock yang terkenal dengan gaya arsitektur organik yang berfokus pada hubungan dengan alam. Dengan 1969 Murcutt mendirikan praktek sendiri di pinggiran Sydney Mosman.

Murcutt bekerja sebagai praktisi tunggal, memproduksi pekerjaan perumahan dan kelembagaan di seluruh Australia. Meskipun ia tidak bekerja di luar negeri, atau menjalankan sebuah perusahaan besar, karyanya memiliki pengaruh di seluruh dunia, terutama karena Murcutt mengajar kelas master untuk memulai dan arsitek mapan. Pembuat film Catherine Hunter, yang membuat film dokumenter tentang arsitek, mengatakan: "Dia memberikan segalanya, ia tidak dapat membantu dirinya sendiri. Dia tak terbendung, dia gaya ini. Jauh sebelum kami mulai berbicara tentang hal-hal seperti keberlanjutan, Glenn sedang berlatih hal-hal itu. "

Moto Murcutt's, "touch the earth lightly" atau "sentuhan ringan bumi", meyakinkan dia untuk desain karya-karyanya untuk masuk ke fitur lanskap Australia. Karya-karyanya sangat ekonomis dan multi-fungsional. Murcutt juga menaruh perhatian terhadap lingkungan seperti arah angin, gerakan air, suhu dan cahaya di sekitar lokasi sebelum ia desain bangunan itu sendiri. Bahan seperti kaca, kayu batu, dan baja sering termasuk dalam karya-karyanya.

Bukti pengaruhnya adalah penghargaan internasional tahun 2002 Pritzker Prize salah satu penghargaan tertinggi dalam arsitektur. Dalam kata-kata juri Pritzker:. "Di zaman terobsesi dengan selebriti, kemewahan dari 'starchitects' kami, didukung oleh staf yang besar dan berlebihan publik mendukung hubungan, mendominasi headline Sebagai kontras total, Murcutt bekerja pada orang satu kantor di sisi lain dunia ... belum memiliki daftar tunggu klien, jadi maksud dia memberikan setiap proyek pribadi yang terbaiknya teknisi arsitektur inovatif yang mampu mengubah sensitivitas untuk lingkungan dan lokalitas menjadi jujur​​, benar-benar jujur​​, bekerja non-pamer seni. "Pada tahun 2009 Murcutt memenangkan American Institute of Architects Medali Emas.

Murcutt saat ini kuliah dan mengajar studi arsitektur sebagai profesor di UNSW Faculty of Built Environment.

Nicholas, putra Murcut juga seorang arsitek terlatih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Komentar Anda Tidak Menyinggung SARA

ANDA PENGUNJUNG KE :