Senin, 02 Mei 2011

Biografi KENZO TANGE


Kenzo Tange (丹 下 健 三, Kenzo Tange, 4 September, 1913 - 22 Maret 2005) adalah seorang arsitek Jepang, dan pemenang Pritzker Prize tahun 1987 untuk arsitektur. Dia adalah salah satu arsitek paling signifikan dari abad ke-20, yang menggabungkan gaya tradisional Jepang dengan modernisme, dan merancang bangunan utama di lima benua. Tange juga merupakan tokoh berpengaruh dari gerakan strukturalis. Dia mengatakan: "Itu, saya yakin, sekitar 1959 atau pada awal tahun 60-an yang saya mulai berpikir tentang apa yang saya kemudian untuk memanggil strukturalisme", (dikutip dalam Rencana 2 / 1982, Amsterdam).

Dipengaruhi dari usia dini oleh modernis Swiss, Le Corbusier, Tange mendapat pengakuan internasional pada tahun 1949 ketika dia memenangkan kompetisi untuk desain Hiroshima Peace Memorial Park. Bergabung dengan kelompok arsitek yang dikenal sebagai Tim X di akhir 1950-an ia mengarahkan kelompok ke arah gerakan yang menjadi Metabolisme.

Studi universitasnya tentang urbanisme menempatkannya di posisi ideal untuk menangani proyek-proyek pembangunan kembali setelah Perang Dunia II Ide-idenya dieksplorasi dalam desain untuk Tokyo dan Skopje. Karya-karya Tange dipengaruhi generasi arsitek di seluruh dunia.

Awal Kehidupan
Lahir pada 4 September 1913 di Osaka, Jepang, Tange menghabiskan awal kehidupan di kota-kota Cina Hankow dan Shanghai, ia dan keluarganya kembali ke Jepang setelah belajar dari kematian salah satu pamannya. Berbeda dengan rumput hijau dan batu bata merah di Shanghai tempat tinggal mereka, keluarga Tange mengambil tinggal di sebuah rumah pertanian atap jerami di Imabari di pulau Shikoku.

Setelah menyelesaikan sekolah menengah, Tange pindah ke Hiroshima pada tahun 1930 untuk menghadiri sekolah tinggi. Di sinilah ia pertama kali menemui karya-karya modernis Swiss, Le Corbusier. Penemuannya tentang gambar dari Istana Soviet di jurnal seni asing yakin dia untuk menjadi seorang arsitek. Meskipun ia lulus dari sekolah tinggi, hasil buruk Tange dalam matematika dan fisika berarti bahwa ia harus lulus ujian masuk untuk memenuhi syarat untuk masuk ke universitas bergengsi. Dia menghabiskan dua tahun melakukan hal tersebut dan selama waktu itu, dia banyak membaca tentang filsafat barat. Tange juga terdaftar di divisi film di departemen seni Nihon University Jepang untuk menghindari penyusunan laki-laki muda untuk kelas militer dan jarang dihadiri.

Awal Karir
Pada tahun 1935 Tange memulai studi tersier yang diinginkan di jurusan arsitektur Universitas Tokyo. Ia belajar di bawah Hideto Kishida dan Shozo Uchida. Meskipun Tange terpesona oleh foto-foto vila Katsura yang duduk di meja Kishida's, karyanya terinspirasi oleh Le Corbusier. proyek kelulusan Nya merupakan perkembangan tujuh belas-hektar ditetapkan dalam Tokyo Hibiya Park.

Setelah lulus dari universitas, Tange mulai bekerja sebagai arsitek di kantor Maekawa Kunio. Selama kerja, ia pergi ke Manchuria, berpartisipasi dalam lomba desain arsitektur untuk sebuah bank, dan tur Jehol Jepang yang diduduki pada kedatangannya. Ketika Perang Dunia Kedua dimulai, ia meninggalkan Maekawa untuk bergabung kembali dengan Universitas Tokyo sebagai mahasiswa pascasarjana. Ia mengembangkan minat dalam desain perkotaan, dan hanya referensi sumber daya yang tersedia di perpustakaan universitas, dia memulai studi Yunani dan Romawi pasar.

Pada tahun 1942, Tange memasuki sebuah kompetisi untuk desain Greater Asia Timur Co-Prosperity Sphere Memorial Hall. Dia telah diberikan hadiah pertama untuk desain yang seharusnya terletak di kaki Gunung Fuji, ruang ia dikandung adalah perpaduan arsitektur kuil Shinto dan plaza di Capitoline Hill di Roma. Desain tidak terealisasi.

Pada tahun 1946, Tange menjadi asisten profesor di universitas dan membuka Tange Laboratorium. Pada tahun 1963, ia dipromosikan menjadi profesor dari Department of Urban Engineering. Murid-muridnya termasuk Sachio Otani, Kisho Kurokawa, Arata Isozaki, dan Fumihiko Maki.

Rekonstruksi Pasca Peperangan
Bunga Tange dalam studi urban menempatkannya dalam posisi yang baik untuk menangani rekonstruksi pasca perang. Pada musim panas tahun 1946 ia diundang oleh Badan Rehabilitasi Kerusakan Perang mengajukan proposal untuk kota perang tertentu rusak; ia menyerahkan rencana untuk Hiroshima dan Maebashi. Desainnya untuk bandara di Kanon diterima dan dibangun, namun sebuah taman tepi pantai di Ujina tidak.

Pihak berwenang Hiroshima mengambil banyak nasihat tentang rekonstruksi kota dari konsultan asing dan pada tahun 1947 Tam Deling, seorang perencana taman Amerika, disarankan untuk membangun Memorial Perdamaian dan melestarikan bangunan terletak di dekat ground zero (langsung di bawah ledakan bom atom) . Pada tahun 1949 otoritas yang berlaku di Hiroshima Peace Memorial Rekonstruksi UU, yang memberikan akses kota untuk bantuan hibah khusus, dan pada bulan Agustus tahun itu, sebuah kompetisi internasional diumumkan untuk desain dari Hiroshima Peace Memorial Park.

Tange telah diberikan hadiah pertama untuk desain yang diusulkan sebuah museum yang sumbu berjalan melalui taman, berpotongan Perdamaian Boulevard dan kubah bom atom. Bangunan ini dibesarkan piloti besar (kolom), yang bingkai pandangan sepanjang sumbu struktur itu.

Karir Selanjutnya
Selama tahun 1970-an dan 1980-an Tange memperluas portofolionya untuk menyertakan bangunan di lebih dari 20 negara di seluruh dunia. Pada tahun 1985, atas perintah Jacques Chirac, walikota Paris saat itu, Tange mengusulkan rencana induk untuk plaza di Place d'Italie yang akan interkoneksi kota sepanjang sumbu timur-barat.

Untuk Gedung Pemerintah Metropolitan Tokyo, yang dibuka pada tahun 1991, Tange dirancang sebuah pusat civic besar dengan alun-alun didominasi oleh dua gedung pencakar langit. rumah ini kantor-kantor pemerintahan sementara bangunan tujuh lantai yang lebih kecil berisi fasilitas perakitan. Dalam desain dari versi teknologi tinggi Kofu Pusat Komunikasi, Tange dilengkapi semua tiga bangunan dengan sistem manajemen state-of-the-art-bangunan yang dipantau kualitas udara, tingkat pencahayaan dan keamanan. Kulit luar bangunan membuat referensi ganda untuk kedua tradisi dan kondisi modern. Tange dimasukkan garis vertikal dan horizontal mengingatkan kedua asrama kayu dan baris pada papan semikonduktor.

Tange terus berlatih sampai tiga tahun sebelum kematiannya pada tahun 2005. Dia tidak menyukai postmodernisme pada tahun 1980 dan dianggap gaya arsitektur untuk menjadi "ekspresi arsitektur transisi" saja. Pemakamannya diadakan di salah satu karyanya, Katedral Tokyo.

Tadao Ando, ​​salah satu arsitek terbesar Jepang hidup, suka menceritakan kisah anjing liar, sebuah akita megah, yang berkeliaran di studionya di Osaka sekitar 20 tahun usia, dan memutuskan untuk tinggal. "Pertama, saya pikir saya akan meneleponnya Kenzo Tange, tetapi kemudian saya menyadari saya tidak bisa menendang Kenzo Tange sekitar Maka aku memanggilnya Le Corbusier sebagai gantinya.."
-Obituary di The Guardian

Warisan

Perluasan modular visi Tange's Metabolist memiliki beberapa pengaruh pada Archigram dengan mereka plug-in mega struktur. Gerakan Metabolist memberikan momentum untuk karir Kikutake's. Meskipun ia Marine City proposal (yang disampaikan oleh Tange di CIAM) tidak menyadari, ia Miyakonojo City Hall (1966) adalah contoh yang lebih Metabolist Budaya sendiri Tange's Nichinan Centre (1962). Meskipun Expo Osaka telah menandai penurunan dalam gerakan Metabolist, itu menghasilkan "penyerahan" dari memerintah ke generasi muda arsitek seperti Kazuo Shinohara dan Arata Isozaki.

Dalam sebuah wawancara dengan Jeremy Melvin di Royal Academy of Arts, Kengo Kuma menjelaskan bahwa, pada usia sepuluh tahun, ia terinspirasi untuk menjadi seorang arsitek setelah melihat Tange's arena Olimpiade, yang dibangun pada tahun 1964.

Untuk Reyner Banham, Tange adalah contoh utama penggunaan arsitektur Brutalist. penggunaan Nya selesai beton Brut Beton dengan cara mentah dan undecorated dikombinasikan dengan proyek-proyek sipil nya seperti pembangunan kembali Teluk Tokyo membuatnya pengaruh yang besar pada arsitek Inggris selama tahun 1960-an, Brutalist arsitektur telah dikritik karena tanpa jiwa dan untuk mempromosikan penggunaan eksklusif dari bahan yang tahan miskin pada eksposur lama untuk cuaca alam.

putra Paul Tange Tange Noritaka lulus dari Harvard University pada tahun 1985 dan melanjutkan untuk bergabung Kenzo Tange Associates. Ia menjadi presiden Kenzo Tange Associates pada tahun 1997 sebelum mendirikan Tange Associates pada tahun 2002.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Komentar Anda Tidak Menyinggung SARA

ANDA PENGUNJUNG KE :