Kamis, 26 Mei 2011

Biografi PETER ZUMTHOR


Peter Zumthor (lahir 26 April 1943) adalah arsitek Swiss dan pemenang 2009 Pritzker Prize. Zumthor lahir di Basel, anak seorang pembuat lemari. Dia magang untuk tukang kayu pada tahun 1958 dan belajar di Kunstgewerbeschule di kota kelahirannya mulai tahun 1963.

Kehidupan & Karir
Pada tahun 1966, Zumthor belajar industri desain sebagai siswa pertukaran di Pratt Institute di New York. Pada tahun 1968, ia menjadi arsitek konservasionis untuk Departemen untuk Pelestarian Monumen dari Canton Graubünden. Ini pekerjaan pada proyek restorasi bersejarah memberinya pemahaman lebih lanjut konstruksi dan kualitas yang berbeda bahan bangunan pedesaan. Sebagai praktek perkembangan, Zumthor mampu menggabungkan pengetahuan tentang bahan-bahan ke dalam konstruksi Modernisme dan detail. Bangunannya mengeksplorasi kualitas sensori taktil dan ruang dan bahan sementara tetap mempertahankan nuansa minimalis.

Zumthor mendirikan perusahaan sendiri pada tahun 1979. Tempat prakteknya tumbuh dengan cepat dan ia menerima proyek yang lebih internasional.

Zumthor telah mengajar di Southern California Institute of Architecture di Los Angeles (1988), Technical University of Munich (1989), Tulane University (1992), dan Harvard Graduate School of Design (1999). Sejak tahun 1996, ia adalah profesor di Accademia di Architettura di Mendrisio.

Proyek terbaiknya dikenal adalah Bregenz Kunsthaus (1997), segelas berkilauan dan kubus beton yang menghadap ke Danau Constance di Austria, pemandian panas gua-seperti di Vals, Swiss (1999), Swiss Pavilion Expo 2000 di Hannover, semua struktur kayu dimaksudkan untuk didaur ulang setelah acara tersebut; yang Kolumba (2007), di Cologne, dan Bruder Klaus Kapel Lapangan, di sebuah pertanian dekat Wachendorf.

Pada tahun 1993 Zumthor memenangkan kompetisi untuk pusat museum dan dokumentasi pada kengerian Nazisme yang akan dibangun di lokasi markas Gestapo di Berlin. Pengiriman Mr Zumthor menyerukan sebuah bangunan tiga lantai diperpanjang dengan kerangka yang terdiri dari batang beton. Proyek ini, yang disebut Topografi Teror, sebagian dibangun dan kemudian ditinggalkan ketika pemerintah memutuskan untuk tidak melanjutkan dengan alasan keuangan. Bangunan belum selesai dibongkar pada tahun 2004. Untuk Dia Art Foundation di Beacon, New York, Zumthor merancang sebuah galeri rumah patung "360 ° I Ching" oleh Walter de Maria, meskipun proyek tersebut tidak pernah selesai. Pada November 2009, terungkap bahwa Zumthor bekerja pada mendesain ulang utama kampus Los Angeles County Museum of Art. Baru-baru ini, ia menolak kesempatan untuk mempertimbangkan sebuah perpustakaan baru untuk Magdalen College, Oxford. Ia terpilih untuk desain musim panas tahunan Galeri Serpentine paviliun dengan desainer Piet Oudolf pada tahun 2011.

Saat ini, Zumthor bekerja di luar studio kecil dengan sekitar 30 karyawan, di kota Haldenstein, Swiss. Dia menikmati bermain tenis, cerutu berkualitas, margarita dan jazz.

Pengakuan International
Pada tahun 1994, ia terpilih ke Akademi der Künste di Berlin. Pada tahun 1996, ia diangkat menjadi anggota kehormatan dari Bund Deutscher Architekten (BDA). Pada tahun 1998, Zumthor menerima Carlsberg Arsitektur Prize untuk desain tentang Bregenz Kunsthaus di Bregenz, Austria dan Thermal Baths di Vals, Swiss (lihat di bawah). Ia memenangkan Mies van der Rohe Award untuk Arsitektur Eropa pada tahun 1999. Baru-baru ini, ia dianugerahi Praemium Imperiale di (2008) dan Pritzker Architecture Prize (2009).

Zumthor & Heidegger
The Vals Spa terkenal di kalangan arsitek untuk menggugah urutan atas ruang dan detail konstruksi korespondensi menyajikan indah & menarik antara menulis Heidegger dan arsitektur Zumthor's. Menulis dalam arsitektur manifesto nya, Berpikir Arsitektur, Zumthor cermin perayaan Heidegger pengalaman dan emosi sebagai alat ukur. Sebuah bab yang berjudul "Sebuah cara untuk melihat hal-hal" dimulai dengan menggambarkan sebuah pintu gagang:

Aku digunakan untuk mengambil memegang ketika saya pergi ke kebun bibi saya. Pintu itu menangani masih tampak bagi saya seperti tanda khusus masuk ke dalam dunia suasana hati yang berbeda dan bau. Aku ingat suara kerikil di bawah kaki saya, sinar lembut lilin tangga kayu ek. Aku bisa mendengar pintu depan menutup berat belakang saat aku berjalan di sepanjang koridor gelap dan masukkan dapur [...].( 1998:9)

Zumthor selalu menekankan aspek sensorik dari pengalaman arsitektur. Untuk dia, fisik material dapat melibatkan seorang individu dengan dunia, membangkitkan pengalaman dan texturing cakrawala tempat melalui memori. Dia ingat tempat-tempat ia pernah diukur keluar di rumah bibinya melalui kualitas sensual mereka. Zumthor's spa Vals menceritakan berpikir ia menjelaskan dalam esainya, membuat menarik bagi semua indera. Arsitek choreographs bahan sesuai dengan kualitas menggugah mereka. Dinyalakan dan batu, dipoles krom, kuningan, kulit dan beludru dikerahkan dengan hati-hati untuk meningkatkan rasa penghuni tentang perwujudan ketika berpakaian dan telanjang. Sentuhan, bau, dan bahkan mungkin rasa dari bahan-bahan tersebut didalangi obsesif. Steam teatrikal dan gelembung air ditingkatkan dengan cahaya alami dan buatan, dengan kegelapan keruh terdiri sebagai intens sebagai cahaya. Bahan yang dibuat dan bergabung untuk meningkatkan atau menekan massa jelas mereka. Potensi sensorik mereka terus-menerus dieksploitasi dengan taktik ini, Zumthor bertujuan untuk merayakan liturgi mandi dengan membangkitkan emosi.

Literatur
Pekerjaan Zumthor adalah sebagian besar tidak diterbitkan sebagian karena keyakinan filosofisnya bahwa arsitektur harus dialami tangan pertama. Menerbitkan karya tulisnya sebagian besar naratif dan fenomenologis.

"Thinking Architecture"

Dalam buku ini Petrus menyatakan Zumthor motivasi dalam merancang bangunan yang berbicara kepada perasaan kita dan pemahaman dalam banyak hal dan yang memiliki kehadiran yang kuat dan jelas dan kepribadian. Buku ini diilustrasikan seluruh dengan foto-foto berwarna oleh Laura Padgett rumah baru Zumthor dan studio di Haldenstein.

"Bagi saya, bangunan dapat memiliki keheningan yang indah yang saya mengasosiasikan dengan atribut seperti tenang, bukti pribadi, daya tahan, keberadaan, dan integritas, dan dengan kehangatan dan kepancainderaan juga; sebuah bangunan yang sedang sendiri, menjadi sebuah bangunan, tidak mewakili apa-apa, hanya bersikap. Arti bahwa saya mencoba untuk menanamkan ke dalam bahan berada di luar semua aturan komposisi, dan berwujud mereka, bau, dan kualitas akustik hanyalah unsur-unsur bahasa yang kita diwajibkan untuk digunakan. Sense muncul ketika saya berhasil membawa keluar makna khusus dari bahan-bahan tertentu pada bangunan saya, arti yang hanya dapat dirasakan hanya dalam cara ini di gedung satu. Ketika saya berkonsentrasi pada situs tertentu atau tempat yang saya akan merancang sebuah bangunan, ketika saya mencoba untuk kedalaman tegak lurus, bentuk, sejarah, dan kualitas sensual nya, gambar tempat lain mulai menyerang proses observasi tepat : gambar tempat saya tahu dan bahwa begitu mengesankan saya, gambar tempat tempat biasa atau khusus yang saya bawa sebagai visi dalam suasana hati yang spesifik dan kualitas; gambar situasi arsitektur, yang berasal dari dunia seni, atau film, teater atau sastra. "

“Atmospheres”

Atmosfer adalah puisi arsitektur dan jendela ke sumber-sumber pribadi Peter Zumthor tentang inspirasi. Dalam sembilan Singkatnya, digambarkan bab dibingkai sebagai proses observasi diri, Peter Zumthor menggambarkan apa yang telah di benaknya saat ia menetapkan tentang menciptakan suasana rumah nya. Gambar ruang dan bangunan yang mempengaruhi dia adalah setiap bit sama pentingnya dengan potongan musik tertentu atau buku yang memberikan inspirasi kepadanya. Dari komposisi dan "kehadiran " bahan-bahan untuk penanganan proporsi dan efek cahaya, ini puisi arsitektur memungkinkan pembaca untuk rekapitulasi apa yang sebenarnya penting dalam proses desain rumah. Sebagai kesimpulan, Peter Zumthor menggambarkan apa yang sebenarnya merupakan suasana arsitektur sebagai "ini kepadatan tunggal dan suasana hati, perasaan kehadiran, kesejahteraan, harmoni, keindahan ... di bawah mantra yang saya mengalami apa yang saya dinyatakan tidak akan mengalami secara tepat ini cara. "

Peter Zumthor Therme Vals”

Ini adalah studi pustaka panjang hanya dari bangunan tunggal, fitur sketsa sendiri arsitek asli dan rencana untuk desain serta foto-foto yang mencolok Hélène Binet tentang struktur. Sarjana arsitektur Sigrid Hauser berkontribusi esai tentang topik-topik seperti "Artemis / Diana," "Baptisan," "Mikvah," dan "Spring" menarik keluar hubungan antara sifat unsur dari spa dan mitologi, mandi, dan kemurnian.

Anotasi oleh Peter Zumthor pada konsep desain dan proses pembangunan hubungan simbiosis menjelaskan struktur untuk alam sekitarnya, mengungkapkan, misalnya, mengapa dia bersikeras menggunakan batu lokal digali. Elemen desain indah Therme Vals, dan kontribusi Zumthor untuk buku ini, mencerminkan komitmen arsitek terhadap penting dan penghinaan untuk berkembang arsitektur perlu.

“Seeing Zumthor”

Seeing Zumthor merupakan kolaborasi unik antara Zumthor dan fotografer Swiss Hans Danuser, berisi gambar Danuser tentang bangunan dibuat oleh Zumthor. Lebih dari dua puluh tahun yang lalu, dalam acara tonggak fotografi arsitektur abad kedua puluh, Danuser difoto, di undangan Zumthor, dua bangunan: struktur pelindung yang dibangun untuk penggalian arkeologi di Chur dan St Benedict Chapel di Sumvitg. Ketika pertama kali ditampilkan dalam pameran, foto-foto memicu perdebatan yang hidup yang telah dihidupkan kembali dengan pameran foto terbaru Danuser tentang pekerjaan Zumthor paling terkenal, spa di Therme Vals. Melihat Zumthor mengumpulkan tiga seri ini penting gambar Danuser dan termasuk esai dengan memimpin sejarawan seni mengeksplorasi hubungan antara dua disiplin yang tampaknya berbeda atau arsitektur dan fotografi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Komentar Anda Tidak Menyinggung SARA

ANDA PENGUNJUNG KE :